Penuhi Kebutuhan Air, Warga Dusun Krajan Kota Batu Berswadaya Kelola SDA Rembyung

Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi saat mengunjungi Sumber Air Rembyung, Jumat (22/10).

Kota Batu,Bhirawa.
Warga Dusun Krajan yang ada di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu berinisiatif untuk mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di wilayahnya. Hal ini dilakukan dengan membangun fasilitas pemanfaatan Sumber Air Rembyung. Bahkan mereka bersedia merogoh isi dompetnya untuk membiayai pembangunan fasilitas ini.

Dengan membangun fasilitas pemanfaatan Sumber Air Rembyung ini diharapkan kebutuhan terhadap air bersih warga Dusun Krajan pada khususnya dan Desa Giripurno pada umumnya bisa terpenuhi. Bahkan, prasasti pembangunan sumber yang kini masih berjalan 50 persen ini telah ditanda tangani Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSI pada Jumat (22/10) lalu.

“Dan pembangunan fasilitas pemanfaatan sumber air ini dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat,”ujar Ketua Panitia Pembangunan, Mustaqim.
Inisiatif dan kerja nyata warga Dusun Krajan ini mendapatkan apresiasi dari Wali Kota. Pengelolaan SDA yang berupa sumber air ini menunjukkan kepedulian warga terhadap kelestarian alam.

Wali Kota Batu berjanji membantu pembangunan fasilitas pemanfaatan Sumber Air Rembyung agar kelestarian alam di Dusun Krajan ini tetap terjaga.  “Kita harus menjaga kelestarian alam untuk menjaga sumber air ini. Karena ini adalah anugerah Tuhan. Sekali lagi saya titip Sumber Air Rembyung ini untuk masa depan anak cucu kita,” ujar Dewanti.

Ditambahkan Kades Giripurno, Suntoro bahwa keberadaan Sumber Air Rembyung telah terdata oleh Pemerintah Desa. Dan selama ini eksistensi sumber air ini telah dijaga dan dirawat oleh warga Dusun Krajan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada warga Dusun Krajan yang telah menjaga sumber air ini, dan saat ini dilanjutkan dengan membangun fasilitas pemanfaatan sumber air yang dilakukan warga secara swadaya,”ujar Suntoro.

Menurutnya, proyek ini dilaksanakan murni hasil swadaya masyarakat se Dusun Krajan. Untuk itu, Pemerintahan Giripurno sangat bangga atas jerih payah masyarakat untuk melaksanakan pembangunan Sumber Air Rembyung ini.

“Terima kasih juga kepada Wali Kota Batu yang telah memberi restu dan menandatangani prasasti sebagai tanda guyub rukun warga Dusun Krajan,” tandas Suntoro.(nas)

Tags: