Penuhi Standart ASUH, DPUPR Kota Kediri Rehabilitasi RPH

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar Saat Sidak Di RPH.

Kota Kediri, Bhirawa.
Dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat Kota Kediri dalam terkait kebutuhan daging yang aman dikonsumsi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota kediri melakukan rehabilitasi keberadaan Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Kediri, di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto,Kota Kediri.

Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas PUPR Kota Kediri menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 juta untuk melalukan rehabilitasi RPH ini, dikatakan Kepala DPUPR Kota Kediri Endang Kartikasari melalui Kabid Cipta Karya Shanty Wijayanti ada beberapa bagian yang perlu perbaiki,

“Di antaranya jika dulu pemotongan hanya pada satu sisi , nantinya akan ada dua sisi.Pemisahan antara pemotongan hewan antara sapi dan babi, perbaikan pagar dan tempat yang sudah rusak” kata Shanty Wijayanti.

Lebih lanjut Shanty, ada bebrapa hal yang menjadi harapan dari rehabiltasi RPH Pojok ini, yakni sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dengan perbaikan fasilitas, meningkatkan produh daging sesuai setandart Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

“Menjdikan bangunan rumah pemotongan hewan milik pemkot kediri ini yang dulunya kurang layak dari mulai sanitasi lantai , gantungan untuk mengiliti hewan yang habis disembelih menjadi layak, Saat ini rehabilitasi sedang berjalan, dan ditargetkan selai pada desember mendatang,” terangnya.

RPH milik Pemerintah Kota Kediri ini sempat diprotes warga karena limbah yang menyengat, namun dengan pengelolaan limbah yang cukup bagus dari Pemkot Kediri justru menjadi bahan pupuk organik yang memberikan berkah.Limbah yang menjadi bahan pupuk ini berupa rumen sapi yang biasanya dibuang begitu saja. Sekarang rumen dimanfaatkan sebagai pupuk organik.[van.ca]

Tags: