Penularan Covid-19 di Pondok Pesantren Diwaspadai

Krisna Yekti

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar mulai mewaspadai adanya penularan Virus Corona (Covid-19) yang berasal dari Pondok Pesantren (Ponpes).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan sebagian besar para santri di Kabupaten Blitar berasal dari luar Kabupaten Blitar, maka pihaknya merasa perlu diwaspadai supaya tidak muncul klaster baru di lingkungan Ponpes, apalagi sebelumnya telah ditemukan seorang santri yang baru saja balik ke Blitar dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan Swab Test.

“Menyikapi itu, kami telah melakukan tracking dan menggelar rapid test terhadap mereka yang menjalin kontak erat dengan pasien. Hasilnya sejauh ini, rata – rata para santri non reaktif,” kata Krisna Yekti.

Lanjut Krisna Yekti, kedepan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Blitar akan terus meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan terutama saat santri mulai kembali ke pondok. Bahkan pihaknya juga berharap kepada semua pengurus Ponpes di Kabupaten Blitar bila ada santri mengalami demam, batuk disertai sesak nafas dianjurkan segera koordinasi dengan tenaga kesehatan terdekat agar segera ditindaklanjuti.

“Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan kami menghimbau untuk segera melaporkan kepada kami atau tenaga kesehatan terdekat jika ada santri yang memiliki gejala tersebut,” jelasnya.

Selain itu dikatakan Krisna, seluruh santri yang hendak kembali ke pondok Kabupaten Blitar juga disarankan membawa surat keterangan sehat dari wilayah masing-masing dan mentaati peraturan protokoler kesehatan.

“Hal ini dilakukan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan bersama,” pungkasnya. [htn]

Tags: