Penyegaran, Enam Kepala Madrasah di Mutasi

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Situbondo, H Misbahul Munir saat memimpin proses mutasi dan pelantikan enam kepala madrasah di lingkungan Kemenag Situbondo, Selasa (19/1). [sawawi]

Diminta untuk Meningkatkan Prestasi Akademik
Situbondo, Bhirawa
Sedikitnya enam kepala madrasah yang ada dibawah lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Situbondo dimutasi, Selasa (19/1). Prosesi mutasi yang dirangkai dengan pengambilan sumpah jabatan tersebut digelar diauditorium setempat.
Kepala Kankemenag Kabupaten Situbondo, H Misbahul Munir memimpin langsung seluruh rangkaian acara mutasi dengan didampingi Kasubag TU dan para Kepala Seksi, serta Kepala KUA se-Kabupaten Situbondo.
Menurut Munir, pelantikan para kepala madrasah didasarkan pada dua alasannya. Pertama, karena rotasi dan kedua karena promosi. Rotasi perlu dilakukan karena cukup lama menjabat ditempat yang lama dan diberi amanah baru ditempat lain.
“Ada lagi kepala madrasah karena faktor kesehatan. Dia ingin menjaga tubuhnya agar sehat sehingga harus mengangkat kepala madrasah yang baru. Selain itu ada kepala madrasaah yang meninggal dan harus segera diisi,” beber mantan Kasubag TU Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo itu.
Munir menambahkan, setiap kepala madrasah yang baru ditarget agar dapat meningkatkan prestasi akademis. Sehingga, ucap dia, madrasah yang ada di Kabupaten Situbondo bisa bersaing dengan madrasah lain di Provinsi Jatim.
Munir mengakui, kualitas madrasah yang ada di bawah lingkungan Kemenag Situbondo masih kalah berkompetensi dengan madrasah yang ada di Malang, Gresik dan Surabaya. ”Misalnya dalam lomba Sains dan lomba olahraga kami masih belum masuk di urutan 10 besar,” jelas Munir.
Dengan mutasi ini diharapkan para kepala madrasah terus memacu diri, sehingga kedepan masing – masing madasah bisa bersaing dengan madrasah yang lain di Jatim. Dipastikan, dalam kurun waktu setahun kedepan sudah tampak adanya perbaikan pada kualitas dan prestasi madrasah – madrasah itu.
“Ya kami menuntut adanya perbaikan kualitas dan prestasi akademis. Sebab kalau melihat sarpras (sarana prasarana itu murni bantuan dari DIPA pusat,” pungkasnya.
Adapun kepala madrasah yang dimutasi diantaranya Nurul Azizah semula menjabat Kepala MIN 1 Situbondo digeser menjabat Kepala MIN 2 Situbondo. Lalu, Puji Pinarto semula menjabat Kepala MAN 2 Situbondo dimutasi menjadi Kepala MTsN 1 Situbondo.
Selanjutnya, Suherman Kepala MTsN 1 Situbondo digeser menjabat Kepala MTsN 2 Situbondo dan Mohammad Faris yang menjabat Kepala MAN 1 Situbondo digeser menjabat Kepala MAN 2 Situbondo. Sisanya, dua pejabat yang mendapatkan promosi masing masing Agus Rubiyanto menjabat MIN 1 Situbondo dan Sahiyanto menjabat Kepala MAN 1 Situbondo. [awi]

Tags: