Penyortiran-Pelipatan Surat Suara Pilbup Trenggalek Ditargetkan Selesai Ini

Trenggalek,Bhirawa
Proses penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk pemilihan Bupati (Pilbub) dan Wakil Bupati (Wabub) Trenggalek tahun 2020 mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek. Di gedung serbaguna kelurahan kelutan Trenggalek. Senin (30/11).

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Derita Hadi melalui Sekretaris KPU Wiratno mengatakan estimasi waktu penyortiran dan pelipatan surat suara ditargetkan selesai nanti malam dengan melibatkan 60 petugas.

“Kami kerahkan 60 petugas sortir yang dibagi setiap kelompok 10 orang. Dengan estimasi 1 kelompok menyelesaikan 50 dus, dan mudah-mudahan hari ini sampai dengan nanti malam proses sortir dan lipat bisa terselesaiakan, ” ungkapnya.

“Jadi targetnya 2 hari mulai dari kemarin dan hari ini. Sampai saat ini proses sortir dan pelipatan surat suara sudah mendapatkan hampir 300 ribu lembar,”imbunhnya.

Dalam proses pelipatan dan pensortiran Wiratno menjelaskan tahapan yang harus dilalui yaitu, melihat, melipat dan menghitung.

“Petugas harus melihat surat suara, apakah ada yang cacat atau tidak, selanjutnya melipat dan menghitung. Jadi tiga tahapan proses ini harus dilakukan, artinya surat suara dilihat apakah bisa dilipat selanjutnya dilakukan penghitungan dan dilakukan pembendelan dengan jumlah 25 lembar per bendelnya,” jelasnya.

Lebih lanjut pria ramah tersebut mengaku sampai dengan saat ini, selama proses pensortiran dan pelipatan di temukan kerusakan surat suara sebanyak 312 lembar.

“Ditemuan kerusakan 312 lembar surat suara sampai dengan pukul 12.00 dengan kriteria rusak ada surat suara keriput, ada gradasi warna selain itu kolom pasangan calon ada noda hitam,”

Selanjutnya setelah tahapan selesai rencananya surat suara akan distribusi pada tanggal 6 sampai 8, atau bila mungkin kalau bisa dilakukan serentak pada tanggal 7 karena tanggal 8 semua surat suara harus sampai di desa.

Sementara itu untuk mengantisipasi potensi persebaran covid-19 ia mengaku sudah membekali petugas agar mematuhi protokol kesehatan, dan selama proses pensortiran dan pelipatan KPU memastikan untuk setiap petugas memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum memulai pensortiran dan pelipatan surat suara.

“Mereka harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum memulai pelipatan dan penyortiran,” jelasnya.

Sebagai informasi total surat suara pilkada Kabupaten Trenggalek tahun 2020 sebanyak 581.880 lembar yang dipesan sejumlah DPT ditambah 2,5 persen dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) per TPS. (wek).

Tags: