Perampingan OPD Pemkab Sumenep, Sejumlah Pejabat Tinggi Pratama Diasesmen

Sekda Sumenep, Edy rasyadi.

Sumenep, Bhirawa
Sebanyak 11 Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan Pemkab Sumenep dilakukan asesmen. Hal itu dilakukan untuk mengisi posisi pimpinan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pada tahun 2022, di lingkungan Pemkab Sumenep ada perampingan OPD, dari 30 yang ada saat ini menjadi 24 OPD.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasyadi mengatakan, mulai Januari 2022, Pemerintah Kabupaten ujung timur Pulau Garam Madura ini harus menjalankan anggaran sesuai struktur organisasi baru. Sesuai regulasinya, semua pimpinan OPD yang ada saat ini harus mengikuti asesmen lagi untuk mengisi posisi baru.

“Besok (hari ini, red) tinggal 11 orang yang akan mengikuti asesmen. Yang 11 orang itu tinggal wawancaranya saja. Sedangkan yang lain sudah dilakukan,” kata Sekda Sumenep, Kamis (23/12).

Ia menyampaikan, pada pelaksanaan asesmen pejabat tinggi Pratama, pemerintah daerah melibatkan JPT dan PKPSDM Provinsi Jawa Timur, dua orang dari pihak akademisi dan Sekda Sumenep, total lima orang.

“Asesmen ini untuk mengetahui kemampuan calon pimpinan tersebut. Nantinya, tim asesmen akan mengirimkan nama-nama sesuai kemampuannya kepada Bupati,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk menentukan siapa-siapa yang layak menduduki posisi OPD tertentu itu adalah Bupati. Tim asesmen hanya menguji dan memetakan kemampuannya sesuai masing-masing OPD tersebut.

“Yang menentukan menjadi pimpinan OPD tersebut tetap kewenangan bupati,” tegasnya.n [sul]

Tags: