Perbaiki Ruko, Warga Temas Kota Batu Tersengat Listrik Bertegangan Tinggi

Suasana evakuasi korban tersengat listrik yang terjadi di ruko Jl.Kelud Kota Batu, Selasa (12/1).

Kota Batu,Bhirawa
Seorang pekerja bangunan tersengat listrik bertegangan tinggi saat memperbaiki atap ruko tiga lantai yang ada di Jl Kelud Kota Batu, Selasa (12/1) pukul 09.10 WIB. Korban mengalami luka bakar mencapai 40 persen dan langsung dilarikan ke RS Bhayangkara Hasta Brata Kota Batu. Pemilik ruko juga jatuh dari atap ruko saat berusaha menolong korban.

Diketahui, korban tersengat listrik bernama Suradi, 52 th, warga Jl Wukir Gg VI RT04 RW02 Kelurahan Temas Kota Batu. Adapun pemilik ruko yang terjatuh dari atap bernama Usman Ali Thalib, 56 th, Jl Bejo No.11 Kelurahan Sisir, Kota Batu.

“Awalnya korban Suradi sedang membetulkan atap ruko milik Usman Ali Thalib di Jl. Kelud yang bocor,”ujar warga yang menjadi saksi mata, Alim, Selasa (12/1). Dan bangunan ruko berlantai tiga ini memiliki rangka plafon dan atap rumah dari bahan baja ringan.

Saat memperbaiki atap, korban Suradi menggunakan rangka plafon dari baja ringan sebagai pijakan. Beberapa saat kemudian tanpa sengaja ia menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi 20.000 watt yang berada dekatnya. Sontak saja korban langsung terpental ke dinding dan jatuh.

Mendengar ada suara benturan di lantai atas, Usman Ali Thalib langsung menuju sumber suara. Melihat Suradi jatuh terpental akibat tersengat listrik, Usman berusaha untuk menolong.

Saat proses evakuasi, pijakan kaki Usman dan Suradi terpeleset dari atap plafon sehingga keduanya menginjak asbes. Namun asbes tak kuat menahan berat badan Usman dan Suradi sehingga keduanya langsung jatuh ke lantai dengan ketinggian sekitar tiga meter.

Warga sekitar yang mengetahui insiden itu langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) untuk memberikan pertolongan. Petugas Satlantas Polres Batu yang sedang berpatroli tak jauh dari tempat kejadian juga mendatangi TKP dan ikut melakukan evakuasi terhadap kedua korban.

“Kebetulan kami patroli, waktu menolong korban tadi kami cukup mengalami kesulitan, karena tubuh korban sudah jatuh ke bawah karena berpijak pada asbes, karena tidak kuat menahan berat tubuhnya,”jelas Kanit Laka Satlantas Polres Batu, Aiptu Trimo SH.

Petugas segera membawa korban ke Rumah Sakit Bhayangkara Hasta Brata. Bahkan agar cepat mendapatkan pertolongan medis, kedua korban dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan mobil pikap milik Unit Laka Polres Batu.(nas)

Tags: