Perda Pesantren Modal Kembangkan SDM Kota Batu di Jalur Ponpes

Perda Pesantren merupakan upaya menjadikan ponpes sebagai garda terdepan dunia pendidikan keagamaan di Kota Batu.

Kota Batu, Bhirawa
Adanya Peraturan Daerah (Perda) pesantren akan menjadi payung hukum bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Batu dalam memaksimalkan pendidikan keagamaan di jalur pondok pesantren (Ponpes). Dan DPRD Kota Batu memastikan bahwa Raperda Pesantren akan selesai pada pekan ini.
Diketahui, proses Raperda Pesantren saat ini telah sampai pada tahap penyelarasan. Tahap ini dilaksanakan setelah sebelumnya Pansus Raperda Pesantren telah melakukan uji publik bersama tokoh agama dan pengasuh ponpes di Kota Batu.
“Dari hasil uji publik ini ada beberapa masukan dari pengasuh ponpes di Kota Batu. Di antaranya adalah pentingnya ponpes agar berazazkan Pancasila dan juga permintaan agar ponpes mendapat fasilitas pelatihan entrepreneur atau wirausahawan,” ujar Ketua Pansus Raperda Pesantren, Nurochman, Minggu (20/12)
Ke depan, keberadaan Perda Pesantren ini akan menjadi payung hukum bagi Legislatif dan Eksekutif dalam membuat kebijakan untuk peningkatan kualitas pendidikan ponpes yang ada di Kota Batu. Apalagi selama ini pendidikan di pondok pesantren terasa kurang mendapat perhatian.
Adapun pentingnya ponpes menguatkan azaz Pancasila karena melihat kondisi negara saat ini agar tidak terjadi perpecahan di NKRI. Dan azaz ini akan diperkokoh dengan pemberian pelatihan entrepreneur kepada para santri. “Dengan demikian selain menguasai ilmu agama, SDM lulusan ponpes juga akan sukses menjadi wirausahawan yang mandiri,” jelas Nurrochman.
Legislator yang juga menjabat Wakil Ketua I DPRD Kota Batu ini menjelaskan dalam Raperda Pesantren ini berisi 12 bab dengan 25 pasal. Ia bersama tim pansus menargetkan bahwa ranperda bisa selesai pada pekan ini tepatnya tanggal 23 Desember. Optimistis tersebut diyakini setelah para pemangku ponpes merasa puas dengan draf ranperda yang telah diajukan.
Sementara, Ketua Pokja Ponpes Kota Batu, Gus Imron Fatoni mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya Raperda Pesantren. Karena perda itu bertujuan untuk mendukung upaya ponpes membangun masyarakat Kota Batu melalui pendidikan keagamaan dan mendidik santri sebagai pengusaha.
Ia juga mengatakan bahwa ponpes merupakan garda terdepan dunia pendidikan keagamaan. Dan bagi pengasuh ponpes, adanya perda ini akan menjadi payung hukum sehingga kegiatan yang dilakukan dengan uang rakyat bisa dipertanggungjawabkan.
“Kita berupaya terus meningkatkan pendidikan pesantren yang memiliki karakter sangat kuat. Untuk itu penerbitan Perda Pesantren di Kota Batu jangan sampai ditunda- tunda karena sangat dibutuhkan,”ujar Imron Fatoni. [nas]

Tags: