Peredaran Narkoba Meluas, Pencegahan Dimulai dari Pelajar

Kepala BNNK Kabupaten Pasuruan AKBP Erlang Dwi Permata saat konferensi pers di kantornya. [hilmi husein]

Pasuruan, Bhirawa
Narkoba di Pasuruan sangat meluas, bahkan fakta baru anak – anak di usia dini justru sangat mudah terjerumus dalam lembah gelap peredaran narkoba. Karenanya, dibutuhkan langkah komprehensif agar tidak semakin meluas.
Kepala BNNK Pasuruan, AKBP Erlang Dwi Permata menyampaikan, antisipasinya adalah melakukan pemetaan dan memberantas jaringan peredaran Narkoba. Terlebih, pencegahan dini di dunia pendidikan.
“Kami sudah sosialisasi ke sekolah – sekolah yang ada di Pasuruan. Mulai tingkat SD dan SMP sederajat. Koordinasi ke seluruh Kepala Sekolah juga kami lakukan,” ujar AKBP Erlang Dwi Permata, Senin (30/12).
Selain itu, pencegahan lainnya adalah dengan rehabilitasi. Yakni, proses pengobatan untuk menyembuhkan pecandu dari ketergantungan dan masa menjalani perawatan rehabilitasi diperhitungkan sebagai proses menjalani hukuman.
“BNNK juga sudah bekerjasama dengan empat lembaga. Yakni RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan, Rumah Sakit Grati, Rumah Sakit Mitra Sehat Medika Pandaan dan Rumah Sakit Masyito Bangil. Keempat lembaga tersebut sudah mendapatkan pelatihan tentang Asesmen dan Konseling,” papar Erlang Dwi Permata. [hil]

Tags: