Perempuan Tani HKTI Jatim Raih Penghargaan Best Achievement

Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko saat menunjukkan piala penghargaan Best Achievement yang diberikan kepada Perempuan Tani HKTI Jatim secara virtual.

Surabaya, Bhirawa
Setelah sebelumnya meraih penghargaan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jatim, prestasi membanggakan kembali diukir Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jatim. Yakni meraih penghargaan Best Achievement dari Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko.

“Alhamdulillah, ini yang kedua kalinya Perempuan Tani HKTI Jatim meraih penghargaan. Kami mendapat penghargaan sebagai provinsi terbaik atau best achievement dari Bapak Moledoko, Ketua Umum HKTI. Penghargaan ini menjadi bukti kebersamaan dalam bekerja sosial,” ujar Ketua Perempuan Tani HKTI Jatim, Lia Istifhama, saat dikonfirmasi, Minggu (20/12).

Menurut Ning Lia, sapaan lekat Lia Istifhama, penghargaan ini diberikan secara virtual pada, Kamis (17/12) lalu. Meski secara virtual, namun nuansa euphoria tetap terlihat dari Aula Kantor Dinas Peternakan (Dinas) Provinsi Jatim, yang menjadi lokasi pengurus Perempuan Tani HKTI Jatim untuk mengikuti rakernas secara virtual tersebut.

“Selama ini, kami berusaha saling merangkul satu sama lain, membangun kolektif kolegial dalam menjalankan kerja sosial. Dan peran aktif satu sama lain, terutama sumbangsih dari kabupaten/kota. Itu merupakan suntikan support yang semakin menguatkan posisi Jatim,” kata Ning Lia.

Keponakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ini mengaku, berkomitmen mengangkat peran ‘Cantik’ dalam Perempuan Tani HKTI Jatim. Membangun prean ‘Cantik ini artinya cerdas, inovatif dan kreatif.

“Bagaimana kerja bisa berjalan secara efektif efisien dan memaksimalkan fungsi digitalisasi untuk kemudian mengangkat potensi lokal. Setiap wilayah di Jatim memiliki keunggulan, tinggal bagaimana identifikasi potensi tersebut semakin terangkat. Ini tak lain spirit Jatim Harmoni yang selama ini digaungkan Ibu Gubernur,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disnak Provinsi Jatim drh Wemmi Niamawati MMA, memberikan ucapan selamat dan bangga atas diraihnya penghargaan Best Achievement oleh Perampuan Tani HKTI Jatim. Menurutnya, penghargaan yang diraih ini bisa menjadi motivasi elemen masyarakat lainnya agar semakin berkiprah untuk Jatim.

“Saya turut bangga karena Jawa Timur semakin banyak meraih prestasi. Selama ini kita semua patut bangga karena Ibu Gubernur Khofifah mendapatkan banyak sekali penghargaan selama beliau menjabat. Dan sekarang, ternyata organisasi sosial pun turut mewakili Jatim mendapatkan penghargaan secara nasional. ke depan Perempuan Tani HKTI Jatim harus semakin sering berkolaborasi dengan elemen petani perempuan,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Umum Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto MSi, berharap capaian prestasi yang diraih Jatim menjadi motivasi provinsi lainnya untuk semakin menggaungkan semangat agraris. “Bagaimana agar kita melalui organisasi sosial, tetap berperan membangun negeri ini, memfungsikan digitalisasi secara bijak dan tepat untuk penyelesaian persoalan pertanian, terutama pemasaran produk tani dari hulu ke hilir,” pungkasnya. [iib]

Tags: