Pergaulan Generasi Muda Mulai Melenceng

Ka Kwarcab Pramuka MG Hadi Sutjipto saat menyematkan lencana pelantikan kepada Camat Candi sebagai Majelis Pembimbing. [achmad suprayogi/bhirawa]

Ka Kwarcab Pramuka MG Hadi Sutjipto saat menyematkan lencana pelantikan kepada Camat Candi sebagai Majelis Pembimbing. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Akibat pengaruh era globalisasi, keberadaan para generasi muda saat ini pergaulannya sudah banyak yang melenceng. Mereka sudah tak mencintai tanah airnya sendiri. Rasa cinta tanah air dan bela negara sudah mulai luntur.
Kondisi ini ditegaskan Wakil Bupati Sidoarjo, MG Hadi SutjiptoSH MM sebagai Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Pramuka Sidoarjo saat melantik Majelis Pembimbing, Andalan dan DKR Kwaran Candi Sidoarjo.
Dalam kesempatan itu Hadi Sutjipto mengatakan, era globalisasi kini mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan generasi muda Indonesia. Perkembangannya generasi muda banyak yang sudah melenceng. Rasa cinta tanah air dan bela negara generasi muda saat ini sudah mulai luntur.
”Maka melalui gerakan Pramuka diharapkan dapat mencetak generasi muda yang berkarakter, berbudi pekerti luhur dan siap untuk memimpin Indonesia kedepan,” harapnya.
Hadi Sutjipto juga berpesan kepada kakak-kakak anggota Pramuka untuk dapat memberikan pendidikan karakter kepada generasi muda saat ini. Melalui gerakan Pramuka, generasi muda dapat diajarkan menjadi warga negara yang bertanggungjawab serta calon pemimpin bangsa yang lebih handal pada masa depan.
Selain itu, pesan wakil bupati agar para guru ikut beperan dalam pembentukan karakter generasi muda.  Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo ini juga meminta kepada para guru untuk tak terpaku dalam mata pelajaran yang diajarkan saja. Para guru mestinya dapat menyisipkan cerita kepahlawanan serta budi pekerti kepada muridnya. Sebab dapat menumbuhkan sikap nasionalisme dan kesopansantunan terhadap sesama.
Sementara itu, mereka yang dilantik adalah Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) serta pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) gerakan Pramuka Kecamatan Candi periode 2014-2016. Ketua Mabiran gerakan Pramuka Kwaran Candi disandang oleh Camat Candi Moch Solichin. Sedangkan  Ketua Kwaran gerakan Pramuka Kecamatan Candi disandang Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Candi.
Kepada pengurus baru Wakil Bupati Sidoarjo, Hadi Sutjipto berharap dapat meningkatkan mutu dan kualitas gerakan Pramuka di Kec Candi. Apalagi fungsi Mabiran sebagai pembimbing serta memberikan bantuan konsultasi kepada Gudep, Satuan dan Kwartir dapat dijalankan dengan baik.
”Makanya, kepengurusan yang baru ini terus bersamaan dengan pemberlakuan Pramuka sebagai ekstra kurikulum wajib. Semua gugus depan harus diberdayakan, berarti Kwarrannya harus aktif untuk mengkoordinasikan kegiatan di jajaran Gugus depan,” terang Hadi Sutjipto. [ach]

Tags: