Peringatan HAN Dipusatkan di Kabupaten Sumenep

Pemprov Jatim, Bhirawa
Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyapa anak – anak pada Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 yang dipusatkan di Sumenep pada 25 Juli mendatang, akan dilangsungkan secara video conference dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Peringatan HAN tahun 2020 akan diikuti sekitar 500 anak yang tersebar di lima wilayah yaitu dari 95 anak dari UPT PPSAA Sumenep, 135 anak dari UPT PPSA Nganjuk, 130 anak dari UPT PPSAA Situbondo, dari 120 anak UPT PPSAA Trenggalek, sedangkan 100 anak dari UPT PPSAB Sidoarjo, tempatnya nantinya akan berlangsung di UPT Panti Pelayanan Sosial asuhan anak Sumenep

Kepala Dinas Sosial Prov Jatim, Dr Alwi mengatakan, dalam peringatan HAN 2020 juga di hibur tarian kreasi oleh anak-anak dari UPT PPSAA, Solo vokal oleh anak-anak dari UPT PPSAA dan paduan suara oleh anak-anak dari UPT PPSAA.

”Tidak kalah pentingnya dengan memperhatikan kebijakan pemerintah untuk selalu memakai masker, jaga cara cuci tangan pada semua kegiatan termasuk kegiatan yang akan dilakukan saat ini,” katanya Senin (20/7).

Alwi menjelaskan, Peringatan HAN di masa pandemi Covid 19 ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Melalui kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, serta memastikan segala hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan 79,55 juta anak Indonesia secara optimal (Profil Anak Indonesia 2019).

Peringatan HAN 2020 kali ini juga sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap Perlindungan Anak Indonesia, agar tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

”Upaya ini tentunya akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang Sehat cerdas ceria berakhlak mulia dan cinta tanah air di masa pandemi Covid 19,” katanya.

Alwi juga menyampaikan, peringatan HAN ini sebagai bentuk penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa dan tujuan khusus memberikan pemahaman bahwa tanah merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa.

”Karenanya harus memiliki bekal keimanan kepribadian kecerdasan jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur sila cerdas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya. [rac]

Tags: