Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Jatim Fokus Ekosistem Laut – Pesisir

Permukiman-nelayan-di-kawasan-pesisir-Nambangan-Kenjeran-Surabaya-di-dekat-kaki-jembatan-SuramaduBLH Jatim, Bhirawa
Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Jatim bakal difokuskan pada tema perlindungan ekosistem laut dan pesisir. Namun bagaimana bentuk peringatannya, Badan Lingkungan Hidup(BLH) jatim masih menunggu isbtruksi dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup.
“Saat ini belum ada surat dari Kementerian Lingkungan Hidup terkait dengan peringatan hari lingkungan. Kami sekarang masih menunggu keputusan dari mereka,” kata Kepala BLH Jatim, Indra Wiragana SH melalui Kabid Komunikasi Lingkungan Hidup, Uda Haripantjoro.
Namun selaras dengan tema Hari Lingkungan Hidup 2014 dengan mengusung tema “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”, BLH menyiapkan alternatif lokasi peringatan di Pantai Ria kenjeran Surabaya.
Tema ini mengandung maksud pentingnya perlindungan ekosistem pesisir dan dampak perubahan iklim dalam rangka ketahanan lingkungan. Tema Hari Lingkungan Hidup 2014 ini selaras dengan tema World Environment Day 2014 yang telah ditetapkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) sebelumnya; “Raise Your Voice, Not the Sea Level”.
Tujuan peringatan hari lingkungan ini, lanjut Uda, untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap lingkungan kawasan pesisir, menumbuhkan kesadaran dalam upaya perlindungan terhadap ekosistem pesisir, mampu memberikan dukungan terhadap upaya  perlindungan ekosistem kawasan pesisir yang dilakukan Pemerintah maupun Swasta, dan menumbuhkan kesadaran untuk bisa menghargai pemberian alam dengan sikap dan pola yang berorientasi pada kelestarian lingkungan.
Meski demikian penetapan lokasi peringatan hari Lingkungan Hidup ini masih memerlukan persetujuan dari Gubernur Soekarwo. “Sebenarnya selain kenjeran ada dua alternatif lain yaitu Gedung Negara Grahadi dan halaman kantor BLH Jatim. Tapi semua masih menunggu keputusan Gubernur juga,” ternang Uda.
Mengenai isi kegiatan peringatan hari lingkungan hidup, Uda mengharapkan, kemah hijau masih diupayakan tetap berlangsung. “Kami masih menunggu putusan lokasi nanti dimana. Serta menunggu kesediaan pak Gubernur dalam memperingati hari lingkungan hidup. Kita tunggu saja sembari mengkomunikasikan lagi dengan Pusat,” katanya.¬† [rac]

Tags: