Peringati HAN, Golkar Jatim Umumkan Pemenang Lomba Tulis Cerita Anak

Surabaya, Bhirawa
Tingkatkan budaya membaca dikalangan anak serta mengajak orang tua untuk bisa memberikan edukasi kepada anak melalui cerita, Partai Golkar gelar lomba pembuatan naskah cerita anak.

Semalam, Minggu (26/7), naskah-naskah yang terkumpul itu di umumkan pemenangnya oleh Partai Golkar dalam Peringatan hari anak dan pengumuman lomba karya tulis cerita anak “Cerita Anak Sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa”.

Menurut M. Sarmuji ketua DPD Golkar Jatim mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk memfasilitasi orang tua agar bisa menghasilkan cerita. Ini sangat penting untuk mendampingi anak di masa pandemi seperti sekarang.

“Kami ingin menumbuhkan aktifitas membaca sekaligus bercerita, dan menulis,” ujar Sarmuji yang dalam acara ino juga di dampingi Bendahara DPD Golkar Jatim Blegur Prijanggono, Ketua Fraksi Golkar DPRD Jatim Kodrat Sunyoto dan Sekertaris Fraksi Golkar DPRD Jatim Pranaya Yudha.

Kata Sarmuji, dirinya meyakini dengan menumbuhkan kegemaran membaca dan menceritakan sejak dini dapat menumbuhkan budaya literasi. Mengingat tingkat literasi di Indonesian masih cukup rendah. Satu banding seribu orang Indonesia yang suka membaca.

“Lainnya menggosip. Itu problemnya. Kita ingin meningkatkan kemampuan dan kesukaan membaca. Khususnya untuk anak-anak,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Jatim, Andriyanto yang hadir dalam acara mengakui anak rentan stres di masa pandemi Covid-19. Bahkan kemungkinannya bisa berlipat tiga kali saat mereka harus tinggal di rumah.

“Itu menjadi pekerjaan rumah buat kita. Bagaimana ketika hari anak nasional anak-anak harus gembira di rumah,” ujar Adriyanto .

Hasil survei kementerian perempuan dan anak katanya, sangat sedikit anak yang mendapat pendampingan selama masa tinggal di rumah. Presentasinya sedikit sekali. Hanya 32 persen orang tua yang bisa meluangkan waktunya penuh menemani.

Untuk itu Adriyanto pun mengapresiasi acara lomba cerita yang diadakan Golkar Jatim. Setidaknya itu bisa memberikan waktu lebih orang tua untuk menemani anak.

“Kodratnya anak-anak itu adalah menginginkan suatu cerita baru yang tentunya edukatif dan mendidik anak untuk gembira. Itu juga bisa mereduksi kekerasan pada anak yang cenderung meningkat,” bebernya.

Dirinya kata Adriyanto berharap kegiatan yang dilakukan partai Golkar ini bisa menjadi avaun oihak oihak lain untuk bisa menggelar kegiatan kegiatan yanng terkait dengan anak yang bisa dilakukan secara daring melihat kondisi pandemi saat ini.

“Dengan mengajak anak terus lakukan kegiatan kegiatan yang menggemberikan diasat pandemi saat ini, akan membuat anak anak terhindar dari rasa stres anak akibat kejenuhan selama berada dirumah,” pungkasnya.

Dalam acara yang digelar dengan kehadiran beberapa nara sumber secara daring seperti I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesui, Ketua PP. IIPG, Yanti Airlangga Hartarto dan beberapa nara sumber lajnnya, juga dilakukan pengumuman mereka yang berhasil memenangkan lomba tulis naskah cerira anak.

Juara harapan 10 anak mendapatkan masing masing Rp500.000. Juara Favorit mendapatkan Rp1.000.000. Juara 3 mendapatkan Rp2.000.000. Sedangkan juara 2 mendapatkan Rp3.000.000 dan juara 1 mendapatkan Rp5.000.000. [geh]

Tags: