Peringati HUT PGRI dan Hari Guru Nasional, PGRI Kabupaten Probolinggo Gelar Donor Darah

Anggota PGRI Kabupaten Probolinggo ketika melakukan donor darah.[wiwit agus pribadi/bhirawa].

Kab.Probolinggo, Bhirawa.
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional tahun 2021, PGRI Kabupaten Probolinggo menggelar donor darah di aula SMKN 2 Kraksaan, Sabtu (4/12).

Aksi kemanusiaan yang digelar bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo dan Palang Merah Remaja (PMR) SMKN 2 Kraksaan ini diikuti oleh 104 orang peserta anggota PGRI di Kabupaten Probolinggo.

Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo, Asim Sabtu (4/12) mengatakan selain untuk memperingati HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2021, kegiatan donor darah ini dilakukan sebagai bentuk rasa peduli kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk membantu kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo yang kadang-kadang sering kesulitan untuk mendapatkan darah. Oleh karena itu, PGRI merasa terpanggil untuk memberikan sumbangan darah bagi masyarakat,” katanya.

Asim menjelaskan sebenarnya yang ingin ikut donor darah ini banyak, tetapi karena keterbatasan maka di tahap awal ini PGRI hanya menyiapkan 104 orang peserta. “Ke depan kami akan mengembangkan terus dengan menjalin kerja sama dengan PMR SMKN 2 Kraksaan yang sudah bisa melaksanakan secara rutin kegiatan donor darah. Paling tidak ini bisa menjadi agenda rutin PGRI ke depan,” jelasnya.

Oleh karena itu Asim menghimbau kepada seluruh pengurus dan anggota PGRI untuk mendukung kegiatan donor darah yang dilakukan oleh PGRI Kabupaten Probolinggo. Meskipun sangat sederhana, tetapi kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Jadi apa yang bisa dilakukan oleh guru disamping tugas pokok sebagai pendidik, ini adalah tugas kemanusiaan. Mudah-mudahan hasilnya bisa bermanfaat untuk masyarakat luas di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Asim mengharapkan dengan kegiatan ini, pengurus dan anggota PGRI yang ada di Kabupaten Probolinggo secara rutin juga bisa melaksanakan donor darah. “Kepada masyarakat mudah-mudahan kegiatan ini hasilnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo,” harapnya

Selain itu Pengurus harian Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Probolinggo melakukan audiensi dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo.

Kedatangan pengurus harian PGRI Kabupaten Probolinggo ini disambut oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Achmad Sruji Bahtiar dan jajaran Kemenag Kabupaten Probolinggo.
Lebih lanjut Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Asim menyampaikan audiensi bersama Kemenag Kabupaten Probolinggo ini bertujuan sebagai ta’aruf pengurus PGRI Kabupaten Probolinggo masa bakti 2020-2025 dan penyampaian program kerja.

“Selain itu untuk melengkapi kepengurusan Dewan Penasehat dan Dewan Pakar PGRI Kabupaten Probolinggo dari unsur Kemenag Kabupaten Probolinggo. Sekaligus kami merencanakan pembentukan cabang khusus PGRI di lingkungan Kemenag Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Asim menerangkan audiensi ini juga bisa menjadi sarana untuk membangun kebersamaan dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Probolinggo.

“Melalui kegiatan ini harapannya bisa terjalin kerjasama yang baik untuk membesarkan PGRI dan bersama-sama untuk ikut memajukan pendidikan di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H Achmad Sruji Bahtiar menyambut baik maksud dan tujuan audensi yang dilakukan oleh pengurus PGRI Kabupaten Probolinggo.

“Kami juga bersedia apabila dimasukkan dalam jajaran Dewan Penasehat dan Dewan Pakar PGRI Kabupaten Probolinggo. Mudah-mudahan sinergi antara PGRI dan Kemenag ini bisa terjalin dengan baik,”tambahnya.(Wap)

Tags: