Peringati Tahun Baru 1444 H, SD Khazanah Ilmu Gelar Pawai dan Baksos

Para siswa SD Khazanah Ilmu foto bersama – sama mengenakan busana khas Arab dan membawa poster sebelum pawai sekitar sekolah. [zainal ibad]

Sidoarjo, Bhirawa
Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1444 Hijriah, SD Khazanah Ilmu, Desa Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo menggelar acara Pawai Muharram dan Bakti Sosial (Baksos). Kegiatan ini sebelumnya sempat ditiadakan selama pandemi Covid-19.
Menurut Kepala Sekolah SD Khazanah Ilmu, Mohamad Roji’i MPd, setiap momen Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), sekolahan yang dipimpinnya selalu menggelar acara. Contohnya pada peringatan Tahun Baru Islam 1444 H ini, pihak sekolah menggelar pawai yang diikuti para siswa dan Baksos berupa pembagian sembako kepada warga tidak mampu.
“Dalam pawai ini, kita minta para siswa mengenakan kostum khas Arab, karena tahun Hijriah memang lahir di Arab. Para siswa kita ajak keliling kampung sekitar sekolah, yang bertujuan ingin memberitahukan kepada masyarakat bahwa ada momen tahun baru Islam, ada peringatan Muharram,” ujar Roji’i, Sabtu (6/8).
Selain pawai, SD Khazanah Ilmu juga memberikan paket sembako kepada 70 warga tidak mampu yang tinggal disekitar sekolah. Sembako yang dibagikan ini berasal dari siswa yang telah dikumpulkan. Setiap kelas membawa bahan pokok yang berbeda – beda.
Untuk kelas satu membawa susu kental manis atau energen satu renteng per siswa. Kemudian kelas dua bawa gula satu kilogram, kelas tiga beras satu kilogram, kelas empat kecap 600 ml, kelas lima mi instan enam bungkus dan kelas enam teh celup dua kotak.
“Sembako yang telah dikumpulkadi dibagikan dihadapan para siswa. Harapan kami akan muncul rasa kepedulian sejak dini. Jika nanti menjadi orang sukses, orang sukses yang dermawan, orang yang peduli dengan orang lain,” ungkapnya.
Tak hanya itu, dalam momen peringatan tahun baru Islam ini SD Khazanah Ilmu juga mengundang Pengkisah Muslim Indonesia dan Cosplay Surabaya untuk memberikan pesan-pesan yang bermanfaat bagi anak-anak.
Dalam PHBI, lanjut Roji’i, akan menggelar acara yang tak kalah meriah. Seperti peringatan Maulid Nabi, rencananya akan menggelar sejumlah lomba. Diantaranya lomba sholawat, Pildacil, tahfiz dan lain – lain. Sedangkan untuk peringatan Isro Mi’roj, biasanya akan menggelar lomba bidang akademisi seperti lomba sains, lomba pendidikan agama Islam dan lain sebagianya.
“Setiap momen PHBI dan PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional), kami selalu membuat acara untuk memperingatinya. Setiap peringatan itu pasti ada makna yang sangat bermanfaat untuk siswa-siswi SD Khazanah Ilmu,” tandasnya. [iib.fen]

Tags: