Perkuat Infrastruktur Pengiriman, Lion Parcel Operasikan Gudang Baru di Sidoarjo

Chief Marketing Officer Lion Parcel, Kenny Kwanto. (Achmad Tauriq/bhirawa)


Surabaya, Bhirawa.

Lion Parcel menjadi salah satu perusahaan logistic yang perlu diperhitungkan, dengan dukungan dan fasilitas dari Lion Group serta armada maskapainya yang dominan, menjadi nilai lebih dan memudahkan Lion Parcel melakukan ekspansi dan penetrasi di tengah ketatnya persaingan bisnis jasa logistic di Indonesia.

Pada tahun 2021, kinerja Lion Parcel mencapai transaksi 4,5 juta paket dalam sebulan. Dengan coverage saat ini mencapai 98 persen di Indonesia, sehingga tidak sulit bagi Lion Parcel untuk melayani paket door to door domestik dan internasional. Dengan catatan kinerja lainnya pengiriman via aps naik 600 persen, pendapatan perusahaan naik hingga 40 persen.

Dan untuk mendukung ekspansi, Lion Parcel (PT. Lion Express), mengoperasikan gudang terbarunya di area Surabaya yang berlokasi di Pergudangan Fortune Blok A30-A31, Jl. Tambak Sawah No.6, Tambakrejo, Kec. Waru, Kab Sidoarjo.

Chief Marketing Officer Lion Parcel, Kenny Kwanto
Kehadiran gudang baru ini bagian upaya Lion Parcel untuk memenuhi kebutuhan logistik masyarakat Surabaya, Jawa Timur, dan sekitarnya yang terus meningkat. Hal ini mencakup bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang berkembang signifikan di wilayah tersebut dan kini telah berkontribusi sebesar 57,81% terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Jawa Timur berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm) Jawa Timur.

“Pengoperasian gudang baru Lion Parcel di area ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam mewujudkan layanan pengiriman yang lebih terintegrasi dan cepat kepada seluruh pelanggan Lion Parcel di wilayah Surabaya, Jawa Timur dan sekitarnya. Surabaya merupakan salah satu kota dengan trafik pengiriman tinggi, dimana jumlah UMKM di kota ini meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Besar harapan kami, pengoperasian gudang baru ini akan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang meningkat sekaligus mendukung pertumbuhan UMKM di kawasan ini,” katanya dalam Silaturahmi Media Bersama Lion Parcel di Surabaya, Rabu (25/5).

Kehadiran gudang baru ini juga turut membantu Lion Parcel dalam menghadapi lonjakan permintaan pengiriman saat periode Ramadan dan Lebaran lalu, di mana Lion Parcel mengalami lonjakan volume pengiriman hingga 30% dibandingkan dengan rata-rata per bulan non-Ramadan tahun 2022. Lonjakan ini melebihi prediksi dan target yang dibidik sebelumnya sebesar 10%. Sementara berdasarkan data pengiriman Lion Parcel, Surabaya sendiri masuk ke dalam 5 besar kota origin dengan volume pengiriman tertinggi selama periode tersebut.

“Kami menyadari bahwa kesiapsiagaan infrastruktur dan jaringan merupakan kunci kelancaran operasional layanan di industri logistik yang sangat dinamis, terutama dalam menghadapi lonjakan
permintaan seperti bulan Ramadan dan Lebaran kemarin. Karena itu, kami memastikan segala aspek operasional layanan bisa melayani pengiriman barang secara aman dan terpercaya. Operasional gudang baru pastinya juga didukung oleh kesediaan lebih dari 7.000 agen Lion Parcel yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memudahkan akses pelanggan pada layanan kami. Lebih dari 3.000 armada juga kerahkan dalam mengantarkan paket selama periode ini ke lebih dari 98% area di Indonesia dalam jangkauan kami,” ujar Kenny.

Gudang Lion Parcel di area Surabaya juga akan memperluas cakupan praktik bisnis ramah lingkungan yang sebelumnya telah diterapkan di Jabodetabek. Bekerja sama dengan Rekosistem, proses pengelolaan sampah berkelanjutan secara end-to-end telah dijalankan Lion Parcel sejak akhir 2021 dan berhasil mendaur ulang hingga 6 ton sampah logistik yang masih akan bertambah setiap harinya. Perluasan praktik bisnis ramah lingkungan ini pastinya akan turut berkontribusi terhadap penguatan ekosistem praktik bisnis berkelanjutan dan juga membantu pemerintah kota Surabaya dalam penanganan sampah terpadu.

Kenny menambahkan, “Pengelolaan sampah yang berkelanjutan pada gudang baru kami di kawasan ini merupakan bentuk dukungan Lion Parcel terhadap upaya Pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah di kota Surabaya dan sekitarnya. Sejalan dengan hal ini, kami juga sepenuhnya meyakini bahwa operasional layanan yang berkelanjutan bisa mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat di mana pun kami beroperasi.”

Sebagai bentuk apresiasinya untuk pelanggan, termasuk masyarakat Surabaya, Jawa Timur, Lion Parcel tengah memperpanjang masa periode program BERKAH (Berani Kasih Hadiah) hingga 31 Mei 2022. Program berbagi kebahagiaan yang telah berjalan sejak awal April ini telah menerima antusiasme masyarakat yang luar biasa dengan total hadiah senilai miliaran rupiah.

“Seluruh inisiatif kami, mulai dari penguatan infrastruktur, jaringan, hingga peluncuran program spesial bagi para pelanggan merupakan upaya berkelanjutan kami menghidupi komitmen jangka panjang dalam menyediakan layanan pengiriman yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat, serta pastinya murah, aman, dan terpercaya,” pungkas Kenny. [riq.hel]

Tags: