Perluas Kepesertaan BPU, BPJAMSOSTEK Surabaya Tanjung Perak Gandeng Agen46 BNI

Surabaya, Bhirawa

BPJAMSOSTEK Surabaya Tanjung Perak melakukan sosialisasi dan kerjasama dengan stakeholder Agen46 BNI. Hal itu dilakukan sebagai upaya optimalisasi peningkatan dan perluasan kepesertaan di sektor Bukan Penerima Upah Tahun 2022.

Kepala Cabang Surabaya Tanjung Perak, Dhyah Swasti Kusumawardhani menyampaikan, bahwa tugas BPJAMSOSTEK adalah melindungi semua pekerja. Apalagi manfaat dari menjadi peserta program BPJAMSOSTEK adalah untuk program jaminan sosial tenaga kerja.

“Dengan program jaminan kecelakaan kerja (JKK), peserta yang mengalami kecelakaan bisa langsung dibawa dan ditangani rumah sakit tanpa dipungut biaya sepeser rupiah pun hingga sembuh. Bahkan dengan biaya berapapun untuk perawatan dibayar penuh,” tegasnya, Rabu (26/1/2022).

Bahkan dengan program JKK, lanjut dia, jika pekerja meninggal saat bekerja, maka ahli warisnya mendapat santunan. “Anak dari pekerja meninggal akan mendapat jaminan pendidikan dari BPJAMSOSTEK hingga menempuh pendidikan perguruan tinggi,” lanjutnya.

Dhyah menambahkan, dari iuran yang dibayarkan untuk menjadi peserta program BPJAMSOSTEK sangat terjangkau, namun manfaatnya sangat besar sekali. “Namun sayangnya manfaat yang besar dari program BPJAMSOSTEK belum banyak diketahui oleh masyarakat khususnya di daerah Surabaya,” tuturnya.

Sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011, setiap pekerja berhak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menyelenggarakan empat program perlindungan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), serta Jaminan Kematian (JKM) dan tahun 2021 ditambah program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Dhyah mengucapkan terima kasih kepada pihak Kantor BNI yang mengajak para agen 46 menjadi peserta program BPJAMSOSTEK. Selain menjadi peserta BPJAMSOSTEK, para Agen46 ini bisa melakukan akuisisi pendaftaran kepesertaan dan melakukan pembayaran iuran peserta Bukan Penerima Upah (BPU).

Perlu diketahui Agen46 BNI adalah salah satu mitra kerja BNI untuk menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat yang kehadirannya hingga kepelosok perkampungan warga.

Kerjasama ini juga untuk mempermudah tenaga kerja dan peserta dalam mendapatkan informasi dasar terkait program BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini masih banyak tenaga kerja yang belum mendapatkan informasi jelas tentang BPJAMSOSTEK dan kesulitan dalam akses pembayaran iuran.

“Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut dan menginspirasi kantor BNI cabang lain khususnya di Surabaya untuk mengikuti jejak Kantor BNI Cabang Surabaya Tanjung perak yang mengajak para agennya menjadi peserta program BPJAMSOSTEK,” pungkasnya.

Diharapkan, Agen46 BNI dapat menjadi penggerak masyarakat dan contoh bagi tenaga kerja agar ikut program BPJAMSOSTEK dan sebagai salah satu kanal layanan pembayaran iuran. [geh.why]

Tags: