Pertahankan Citra Merek Perusahaan Boyong Indonesia PR of the Year 2019

Tim Sharp Indonesia menerima penghargaan untuk Indonesia PR of the Year 2019.

Surabaya, Bhirawa.
PT Sharp Electronics Indonesia yang lama dikenal sebagai produsen elektronik nomor satu dari generasi ke generasi, menjadikan kepercayaan terhadap citra merek tersebut merupakan akumulasi dari berbagai upaya, baik di dalam maupun luar perusahaan.
Dalam internal perusahaan, Sharp Indonesia terus menanamkan rasa bangga terhadap merek pada setiap karyawan. Sementara untuk untuk eksternal, Sharp Indonesia membangun relasi yang kuat kepada konsumen, dealer, bahkan media.
Pengelolaan citra merek ini mendapat perhatian yang cukup mendalam oleh Sharp Indonesia hingga dibentuknya departemen Public Relations (PR) yang khusus menangani komunikasi antar karyawan hingga relasi media.
Senior PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Pandu Setio mengungkapkan dengan melihat pentingnya peran tersebut, Sharp Indonesia pun menguatkannya dengan mencanangkan berbagai strategi, mulai dari mengelola medianya sendiri hingga rutin mengadakan apresiasi tahunan bagi jurnalis.
Atas upaya tersebut, Sharp Indonesia baru saja dianugerahkan penghargaan Indonesia PR of the Year 2019 – penghargaan bergengsi di bidang PR yang diusung oleh majalah MIX Marcomm. “Pada dasarnya penghargaan Indonesia PR of the Year 2019 tidak terbatas hanya pada usaha departemen PR. Kami melihat membangun citra positif perusahaan merupakan upaya seluruh pihak, termasuk seluruh karyawan Sharp Indonesia. Selama ini, kami selalu berupaya untuk mendorong karyawan untuk terlibat dalam berbagai usaha PR yang kami lakukan,” terangnya, Kamis (26/12).
Pandu menambahkan caranya dengan hal-hal mudah, mulai dari membagikan informasi dan produk di sosial media masing-masing, hingga mengikutsertakan diri pada pembuatan majalah internalnya. Dalam penghargaan yang ditujukan untuk ditujukan untuk praktisi, akademisi, agensi komunikasi dan seluruh pihak yang berperan dalam PR Indonesia, Sharp Indonesia memboyong dua penghargaan berbeda.
Yang pertama adalah kategori ‘Best Owned Media’ untuk majalah internal perusahaan yang dinamakan BE SHARP. Kemenangan ini membawa Sharp Indonesia untuk bersanding dengan empat majalah internal dan eksternal lain di bidang berbeda, seperti FMCG, transportasi, hingga merek asuransi.
Kategori ‘Best Owned Media’ diberikan kepada setiap internal media yang dimiliki dan dikelola perusahaan untuk mendukung pembangunan citra dan reputasi perusahaan. Majalah BE SHARP sendiri merupakan majalah yang dikelola oleh internal PR Sharp Indonesia sebagai media komunikasi untuk memperat hubungan antar karyawan di seluruh Indonesia.
Dengan total ± 3.085 karyawan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, tentu bukan perkara mudah bagi Sharp Indonesia untuk menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik antar sesama karyawan. “Hal ini termasuk berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh karyawan baik yang berkaitan dengan kegiataan perusahaan di kota cabang atau pun kegiatan yang bersifat rekreasi dari masing-masing karyawan. Oleh karena itu, Sharp Indonesia mencoba menggabungkan berita yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan dengan kegiatan karyawan,” ujar Pandu.
Untuk menarik perhatian karyawan, Sharp Indonesia membuka kesempatan bagi seluruh karyawan untuk berpartisipasi mengirimkan karyanya. Karyawan di seluruh Indonesia dapat menjadi penulis dengan menceritakan pengalaman seru liburannya bersama karyawan lain hingga mengekspresikan dirinya dengan menulis karya seperti puisi maupun artikel. Selain itu, BE SHARP juga menawarkan konten lainnya seperti Kuis, Wall of Fame (untuk cabang berprestasi), dan banyak lagi.
BE SHARP tersebar di 25 kantor cabang di Indonesia dan terpampang sebagai salah satu bacaan yang dapat dinikmati oleh konsumen yang mengunjungi kantor Sharp Indonesia. “Selama ini BE SHARP selalu ditunggu-tunggu oleh karyawan, mereka tidak hanya menunggu untuk membacanya, tetapi juga berkontribusi di dalamnya. Dalam sebuah survey yang dilakukan secara internal kami juga menangkap bahwa 90 persen karyawan menyetujui BE SHARP mampu memenuhi ragam informasi perusahaan, bahkan 68 persen karyawan mengakui BE SHARP mampu meningkatkan kepercayaan terhadap Sharp Indonesia,” tandas Pandu.[riq]

Tags: