Pertahankan Kualitas Produk Unggulan, Rutin Gelar Razia

Sutopo-blitarProgram Kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar
Kabupaten Blitar, Bhirawa
Beredarnya berbagai produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Blitar juga perlu dilakukan pengawasan, hal ini dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kualitas dari berbagai produk unggulan yang ada di Kabupaten Blitar.
Untuk itu Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar selalu menggelar Razia Produk secara rutin yang dilakukan diseluruh wilayah Kabupaten Blitar baik di Toko, Pasar hingga swalayan modern.
Hal ini seperti diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar, Drs. Molan, dimana pelaksanaan Razia Produk ini dilakukan secara rutin di seluruh wilayah Kabupaten Blitar, dengan target berupa berbagai jenis makanan, minuman serta berbagai produk yang dijual di toko, supermarket maupun sejenisnya untuk menjaga kualitas produk unggulan Kabupaten Blitar serta memberikan sosialisasi langsung kepada distributor, agen atau penjual langsung untuk menghormati konsumen jika ada jenis makanan atau minuman yang kadaluarsa atau sudah tidak layak konsumsi.
“Pelaksanaan Razia Produk ini sangat penting, selain untuk menjaga kualitas produk unggulan Kabupaten Blitar juga untuk menghindari adanya penipuan dalam menjual produk yang dianggap palsu atau kadaluarsa khususnya untuk makanan dan minuman,” kata Drs. Molan.
Ditambahkan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar, Sutopo, S.Sos, MM, mengatakan untuk pelaksanaan Razia Produk yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar bekerjasama dengan pihak terkait seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) serta instansi terkait, dimana selain menertibkan produk yang tidak layak atau tidak standart, produk yang sudah kadaluarsa hingga produk-produk yang dianggap membahayakan konsumen yang ada di Kabupaten Blitar.
“Razia Produk ini sangat penting dan menguntungkan konsumen dan masyarakat, dimana kami berharap semua produk yang dijual langsung kepada konsumen aman dan tidak membahayakan. Apalagi saat ini banyak beredar produk bermasalah. Sehingga produk yang tidak kita awasi secara langsung patut diragukan kualitas dan masa berlakunya,” kata Sutopo, S.Sos, MM.
Selain ituĀ  dengan adanya kegiatan Razia Produk yang dilakukan secara rutin ini juga sebagai kontrol kepada para penjual baik grosir maupun penjual langsung untuk selalu mengawasi dan melihat kualitas barang yang diperdagangkannya. Terlebih produk unggulan yang sudah kita harapkan menjadi salah satu produk yang bisa dikenal masyarakat Blitar dan luar Blitar. Sehingga dari sisi kualitas harus tetap dijaga.
“Banyak jenis produk unggulan di Kabupaten Blitar, namun untuk jenis kerajinan maupun non makanan mungkin tidak ada masa berlakunnya sampai kapan, akan tetapi untuk jenis makanan dan minuman selalu kami pantau untuk menjaga kualitas dan hal-hal yang bisa merugikan konsumen seperti masa berlakukanya,” jelasnya lagi.
Namun demikian pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti sebelum membeli produk atau barang baik makanan, minuman atau yang lainnya, seperti melihat label kadaluarsa, kemasan produk masih utuh atau sudah rusak, label halal serta yang lainnya. Sedangkan untuk barang secara aturan di Indonesia harus berlabel SNI, kualitas barang atau bahan sesuai dengan merk serta bukan berbahan yang membahayakan. “Kami minta teliti sebelum membeli. IniĀ  sangat penting bagi konsumen, untuk itu kami menghimbau selalu teliti dan waspada,” imbuhnya.
Sementara perlu diketahui beberapa produk unggulan di Kabupaten Blitar yang sudah cukup dikenal baik di tingkat Daerah, Regional, Nasional maupun Internasional yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Blitar diantaranya Kerajinan Tempurung Kelapa, Sambel Pecel, Bubut Kayu, Gula Kelapa, Gerabah Seni, Keripik Buah, Batik Tulis, Senapan Angin, Aneka Mainan Anak, Roti Kering, Makanan Khas, Enteng-Enteng Kacang, Garmen, Mebelair dan berbagai produk unggulan lainnya. [htn]

Tags: