Pertahun Pertumbuhan Hotel di Jatim Capai 30 Persen

8-kamar-hotelSurabaya, Bhirawa
Jatim sebagai kota setra bisnis dan pariwisata ternyata membuat pelaku bisnis perhotelan semakin berlomba untuk ekspansi dengan membangun hotel di daerah-daerah dan terbukti hampir setiap tahun hotel di Jatim tumbuh hingga 30 persen.
“Persaingan hotel di Jatim saat ini sangat ketat terbukti di tahun 2010-2014 telah berdiri 60 hotel dan di tahun 2015 diperkirakan akan berdiri sekitar 20-30 hotel lagi dengan komposisi 80 persen hotel budget dan 20 persen hotel bintang,” ungkap Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim- Muhammad Soleh, Rabu (7/5).
Ia menambahkan, dengan pertumbuhan yang sangat tinggi terutama hotel budget akan sangat berdampak bagi hotel bintang 3 ke bawah, sebab fasilitas yang dimiliki hotel budget tidak kalah dengan hotel bintang 3 ke bawah.
Adapun fasilitas hotel budget saat ini juga sudah menggunakan televisi layar datar, shower panas-dingin, ac dan tempat tidur yang juga setara dengan yang dimiliki hotel bintang 3. “Pengaruhnya sangat besar akan tetapi bagi konsumen ini sangat bagus karena para konsumen bisa memiliki banyak pilihan dan dengan begitu hotel akan meningkatkankualitas maupun  fasilitasnya,” ujarnya.
Sedangkan kondisi bisnis perhotelan saat ini hampir sama dengan bisnis penerbangan, dengan kualitas yang mewah tetapi terjangkau karena kalau dulu hotel bintang 3 yang biasa menginap bisa dikalangan pejabat atau pengusaha akan tetapi sekarang anak muda pemula pun bisa menginap di hotel budget hanya dengan Rp 200 ribu saja dengan fasilitas yang sama dengan hotel bintang 3.
“Peta bisnis perhotelan memang sudah mulai berubah dimana pemain lama harus bisa menyesuaikan keadaan. Dengan memberikan layanan sesuai dengan perkembangan serta mengerti tuntutan dari konsumen dengan memberikan fasilitas lebih dikamar selain itu juga harga harus diubah,” katanya.
Kondisi tantangan ini memang sangat berat karena di salahsatu sisi ingin berinvestasi disisi lain harga harus diturunkan karena pasar menghendaki seperti itu. “Tapi menurut saya perkiraan 1-2 tahun lagi paling lambat tahun 2016, kesimbangan akan mulai muncul antara demand dengan supply. Memang agak lama karena tahun depan diperkirakan akan ada 30 hotel baru yang berdiri”, jelasnya. [riq]

Tags: