Petambak Gresik Tak Perlu Jual Hasil Panen ke Lamongan

Petambak Gresik Tak Perlu Jual Hasil Panen ke LamonganGresik, Bhirawa
Pasar ikan modern terlengkap tak lama lagi hadir di Kota Gresik. Pembangunan pasar ikan terlengkap yang menempati lahan eks Gedung KKB (Kantor Klinik Bisnis) di Jl Raya Bunder, Lamongan itu pengerjaannya kini sudah mencapai 50%.
Menurut Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Kelautan Pemkab Gresik, Langu Pindingara, saat dikonfirmasi Minggu (1/2) kemarin, pasar ikan modern hasil kerja sama Pemkab Gresik dengan PT Lumbung Putra Kalimantan (PT LPK) itu akan mempersembahkan ladang usaha perdagangan yang representatif dan eklusif. Keunggulannya, selain dekat dengan pusat Kota Gresik, dekat Terminal Bunder juga akses ke pelabuhan dan tol lebih cepat. Dan akan buka selama 24 jam..
Agar pengerjaan pembangunan pasar ikan modern itu tepat waktu, mantan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan itu terus melakukan monitoring terkait progres pembangunan pasar itu. ”Tiap hari saya mengecek ke lokasi. Jangan sampai pembangunan pasar itu tak tepat waktu pengerjaannya. Karena pak bupati juga terus memonitor. Jangan sampai gagal lagi karena gedung itu sudah lama mangkrak,” kata Langu serius.
Menurut Langu, pasar ikan modern itu nantinya merupakan pasar ikan terlengkap, higienis dan memiliki coldstroge. Tak hanya itu, petani tambak juga bisa langsung menjual hasil panennya dalam bentuk ikan basah ke pasar modern itu.
Selama ini, tambah Langu, petambak di Gresik kesulitan menjual hasil panennya. Karena belum mempunyai pasar ikan, para petani selama ini menjual hasil panennya ke pasar ikan Lamongan.
Maka jika pasar ikan modern itu sudah selesai, petambak tak perlu lagi menjual hasil panennya ke Lamongan, tapi cukup ke pasar ikan modern di Gresik.
Sebenarnya, lanjut Langu, hasil produksi ikan petambak di Gresik cukup besar. Sebab, sebagian besar warga Gresik merupakan petani tambak. Seperti yang ada di Kec Duduksampeyan. Mayoritas warganya adalah petambak bandeng dan udang. Karena selama ini Gresik belum punya pasar ikan, petambak akhirnya menjual hasil panennya ke Lamongan. [eri]

Tags: