Petani Garam-Kementerian Kelautan Perikanan, Dekopin Akan Bentuk Garam Industri

Kolaborasi HMPG dengan Kementerian Kelautan Perikanan dan Dekopin

Surabaya, Bhirawa
Nasib garam sekaligus dengan para petaninya di negeri yang gemah ripah loh jinawih ini memang cukup memprihatin kan, bagaimana tidak. Garap bisa dihasilkan secara melimpah selain bahan bakunya seambrek karena negeri kita adalah Maritim, juga semangat kerja para petaninya cukup tinggi, katakanlah bukan pemalas.

Namun kenapa nasib harga dari hasil pemanfaatan air asin laut itu tidak pernah bagus bahkan terpuruk sehingga membuat para petaninya meradang dan selalu menjerit, makanya para petani ini selalu mengadu pada wakil rakyat dan lain sebagainua namun tetap saja tidak ada hasil.yang maksimal.

Kali ini mereka para petani garam yang tergabung dalam wadah Himpunan Masyarakat Petambak Garam (HMPG) mencoba berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan Perikanan dan Dewan Koperasi (Dekopin) agar bisa memperbaiki nasibnya ke depan lebih baik lagi.”Kami sangat berharap dengan adanya kolaborasi ini maka garam akan selamat dengan harga yang bagus sehingga nasib para petaninya (Petambak) nya akan lebih sejahtera,” ungkap Ketua HMPG Muhammad Hasan SG, Msi saat ditemui disela sela.acara MoU di hotel Dafam Surabaya Rabu (25/11) kemarin.

Kementerian kelautan perikanan Miftahul Huda di tempat yang sama mengungkapkan bahwa pihaknya serius akan membantu dan bekerja sama dengan petani garam dengan memanfaatkan teknologi canggih yang nantinya garam tidak lagi hanya meniadi penyedap masakan agar tidak hambar yang tempatnya di atas meja makan, tapi sebagai industti yang bergengsi dengan harg yang sangat bagus tentunya. Apa dan bagaimananya masih akan digodok secara matang dengan berbagai pertimbangan pertimbangan yang positif

Sementara pihak Dekopin melalui Ketuanya Sri Untari didampingi Ketua Dekopin wilayah Jatim Slamet Sutanto, menyatakan siap untuk membantu dengan se

penuh hati. Agar nasib garam dan para petaninya lebih baik dari yang sudah ada.” Jadi selain akan difungsikan sebagai koperasi secara maksimal juga akan ada semacam konsultan terkait dengan semua permasalahan yang menyangkut soal garam.(ma)

Tags: