Petugas Layanan Publik Sidoarjo Diminta Tersenyum

5-CIMG3758Sidoarjo, Bhirawa
Para Sekretaris Kelurahan (Sekkel) dan petugas Bagian TU SMAN, yang note bene juga masuk petugas pelayanan publik di Kab Sidoarjo, diminta agar bisa tersenyum saat memberikan pelayanan pada masyarakat.
Bimbingan ini diberikan Widayati Ahmad, Direktur House of Quality Indonesia, lembaga pengembangan SDM juga lembaga sertifikasi standart mutu ISO, dalam sosialisasi pelayanan publik yang digelar oleh Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo, belum lama ini, di Orchids Hotel Batu.
Menurut mantan pramugari Singapore Airline itu, karena secara manusiawi orang akan senang dengan petugas pelayanan yang murah dengan senyum.
Lain dengan petugas yang selalu cemberut, orang akan menjadi takut, sehingga pelayanan pada masyarakat akan mendapat penilaian negativ masyarakat. Bimbingan yang diberikan itu, menurut Widayati, karena tak lepas
dengan konsep yang sama dengan apa yang telah disampaikan Sekdakab Sidoarjo, Vino Rudi Muntiawan, saat membuka kegiatan. Yakni, hakikat pemerintah yang saat ini adalah sebagai pelayan masyarakat.
”Sehingga masyarakat harus mendapat layanan yang baik, bermutu, cepat, transparan dan pasti,” tegas warga Surabaya itu.
Sekdakab Sidoarjo, Vino Rudi Muntiawan, memang menekankan pada petugas pelayanan publik di Sidoarjo, bahwa pemerintah saat ini adalah pelayan masyarakat. Bukan lagi orang yang minta dilayani masyarakat. ”Bupati Saiful Ilah juga sering mengatakan itu,” kata Vino.
Karena melayani masyarakat, maka petugas pelayanan publik di Sidoarjo juga diminta selalu tahu akan pengaduan masyarakat. Itu penting, agar petugas tahu bila ada kelemahan dalam pelayanan. ”Maka bila ada pengaduan harus segera ditindaklanjuti, tidak boleh tutup mata,” katanya serius.
Sementara itu, disampaikan Kepala Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo, Drs Ahadi Yusuf MSi, pembinaan pada petugas pelayanan publik di Sidoarjo seperti itu, merupakan tekat Pemkab untuk bisa melayani masyarakat agar lebih baik.
”Ini menunjukkan kalau Pemkab Sidoarjo punya komitmen untuk meningkatkan pelayanan publiknya pada masyarakat di semua sektor,” kata Yusuf.
Peningkatan SDM dari para aparatur pelayanan publik di Sidoarjo, menurut Yusuf, tentu saja sangat perlu dan sangat penting. Agar mampu memberikan pelayanan yang sebaiknya pada masyarakat. [ali]

Keterangan Foto : Petugas pelayanan publik di lingkungan kelurahan dan Bagian TU SMAN di Sidoarjo, mendapat pembinaan SDM, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Tags: