PG Tulangan dan Krembung Layak Dijadikan Destinasi Edukasi

PG Tulangan dan Krembung Layak Dijadikan Destinasi Edukasi

Sidoarjo, Bhirawa
Pabrik Gula Tulangan dan Krembung merupakan cagar budaya yang akan di support perkembangannya sebagai wisata edukasi. Namun untuk menyulap itu dibutuhkan anggaran APBD. Komisi D DPRD Sidoarjo sudah mengusulkan cagar budaya dalam Prolekda.

Ketua komisi D, Damroni Chudori, Rabu (17/2) siang, mengatakan, komisi D sudah melangkah mengupayakan PG Tulangan sebagai destinasi edukasi. Pabrik gula yang berhenti beroperasi tahun 2016 adalah BUMN.

Untuk merubahnya pabrik yang sudah mangkrak lama itu dibutuhkan persetujuan dari pemiliknya. Dan hal itu sudah dilakukan pertemuan komisi D dengan PT Perkebunan maupun investor yang ingin memgelola.

“Sebagai destinasi wisata edukasi pabrik itu harus diperbaiki dulu dengan kesan memberikan kenyamanan pengunjungnya,” ujarnya. Tentang sarana dan prasarananya harus di upgrade.

Kelebihan wisata ini keramainnya tidak terbatas hari sabtu dan minggu tetapi justru pada jam sekolah akan ramai oleh anak didik yang belajar tentang sejarah pabrik yang dibangun di masa penjajahan Belanda.

Investor asal Jakarta ada yang tertarik meny ulap menjadi destinasi wisata karena memiliki beberapa keunggulan. “Secara lokasi memang cukup strategis. Sidoarjo memiliki kedekatan dengan Bandara Internasional Juanda, Terminal Purabaya maupun akses stasiun kereta api,” kata Etsa, investor yang juga pemilik astin Sidoarjo.

Konsepnya adalah Sidoarjo Sains Center, dimana memadukan antara wisata dan pendidikan. Tentu akan mengembangkan perekonomian sekitar juga.

Meski akan dirombak, lanjut dia pembangunan Sidoarjo Sains Center yang ditawarkan tetap tidak menghilangkan unsur heritage bangunan lawas itu.

Lori yang ada masih bisa berfungsi, jadi bisa jadi salah satu wahana tersendiri. Menanggapi rencana itu, Komisi D DPRD Sidoarjo menyambut baik dan menyarankan kepada investor tetap berkoordinasi dengan baik dengan pihak PTPN sebagai pemilik lahan.

“Yang jelas seluruh investasi harus memberikan efek yang jelas kepada Sidoarjo,” kata ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Dhamroni Chudlori.

“Selama ini, Sidoarjo hanya menjadi tempat transit wisatawan yang berkunjung ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Dengan adanya wahana wisata baru itu akan menarik wisatawan berkunjung. Wisatawan akan lebih lama di Sidoarjo, Ini wisata yang ditunggu,” jelasnya. [hds]

Tags: