PHRI Imbau Tak Banting Harga

Diharapkan di tahun 2017, perhotelan lebih berinovasi menciptakan peluang daripada banting harga.

Persaingan Hotel Makin Ketat
Surabaya, Bhirawa
Mengawali tahun 2017 pertumbuhan hotel baru masih terus berlanjut, bahkan di perkirakan akan ada 10 hotel baru lagi yang akan buka di Surabaya, khususnya hotel bintang tiga. Sehingga persaingan antar hotel tetap akan ketat untuk tahun ini.
Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim, M Soleh, Kamis (12/1) kemarin mengungkapkan 10 hotel baru di Surabaya siap beroperasi di tahun 2017 ini, sehingga dibutuhkan strategi untuk menciptakan peluang supaya hotel tetap eksis.
“Dengan munculnya hotel-hotel baru ini, seharusnya pemerintah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk bekerjasama guna meningkatkan event, promosi, perbaikan infrastruktur serta kemudahan akses transportasi maupun pintu masuk sehingga jumlah orang yang berkunjung baik tujuan bisnis, mice atau wisata ke Surabaya meningkat,” jelasnya.
Ia menambahkan, di sisi lain bagi pengelola hotel harus komitmen dan konsisten untuk tidak menggunakan strategi banting harga, namun lebih banyak menggunakan strategi menambah benefit. “Saya yakin jika dua hal tersebut dilakukan industri pariwisata di Jatim khususnya Surabaya akan sehat,” tegasnya.
Soleh berharap pemerintah seharusnya menganggarkan biaya lebih besar dalam APBD 2017 ini, untuk pembenahan infrastruktur. “Dengn adanya anggaran besar yang dikeluarkan pemerintah ini akan memberikan kemudahan akses transportasi, pintu masuk dan promosi ke luar negeri sehingga pengelolaan obyek wisata lebih profesional,” terangnya.
Sementara menurut Human Resources Assistant Artotel Surabaya, Megarina Retnaningtyas berharap di tahun 2017 ini persaingan antar hotel harus sehat tidak seperti tahun lalu. “Kalau tahun kemarin persaingan harga sangat ketat antar hotel bintang tiga, tapi untuk tahun ini kalau bisa persaingan haruslah lebih sehat,” pungkasnya.
Sementara persaingan sehat yang diharapkannya adalah berupa inovasi dan kreasi untuk meningkatkan tamu supaya mau menginap di hotel. “Ya persaingan dengan bisa menciptakan kreasi baik berupa promo maupun terobosan lainnya sehingga bisa mengundang para tamu, bukannya dengan menekan harga,” ujarnya. [riq]

Rate this article!
Tags: