Pilbup Mojokerto Bakal Digelar Serentak Desember 2015

PilkadaKab Mojokerto, Bhirawa
Pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Mojokerto menapat kepastian bakal digelar dalam Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar secara nasional Desember 2015 mendatang. Kepastian ini menyusul turunnya SE (Surat Edaran) KPU Pusat yang berisi tahapan Pilkada secara serentak itu.
Awal Tahapan pelaksanaan Pilbup Kab Mojokerto diperkirakan bakal dilaksanakan awal Bulan Pebruari. Ini menyusul pernyataan KPU Pusat terkait pelaksanaan Pilkada serentak Bulan Desember 2015 nanti.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Mojokerto, Ayuhanafiq mengatakan, pihaknya memang belum menerima surat keputusan penetapan tanggal pelaksanaan Pilkada serentak dari KPU Pusat. Tapi, KPU Kab Mojokerto sudah mendapat surat edaran (SE) KPU tentang pelaksanaan sosialisasi ke masyarakat terkait Pilkada langsung.
”Kalau keputusan tanggal pastinya masih belum, tapi sesuai SE KPU Pusat diperintah untuk melaksanakan sosialisasi Pilkada langsung kepada masyarakat,” ujarnya, Senin (26/1) kemarin.
Yuhan menegaskan, jika pihaknya segera berkoordinasi dengan Pemkab dan Intansi yang terkait untuk membahas persiapan Pilkada. Koordinasi ini juga menyangkut besaran anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada langsung nantinya.
”Secepatnya akan kita koordinasikan dengan Pemkab Mojokerto. Ini agar pelaksanaan tahapan nanti tak menuai masalah dan tak menyalahi aturan,” ujarnya.
Kabag humas dan Protokol Pemkab Mojokerto, Alfiah Ernawati menjelaskan, hingga kini Pemkab Mojokerto belum menerima kepastian pelaksanaan Pilbup dari KPU Pusat. Meski demikian, menurutnya Pemkab sudah siap dalam menggelar Pilbup, baik itu Pilbup secara langsung maupun lewat DPrD.
”Prinsip kita sudah siap menggelar Pilbup. Dan anggaran juga sudah kita alokasikan dalam APBD 2015 ini,” kata Ernawati.
Mendengar bahwa KPU Kab Mojokerto sudah mendapat SE soal pelaksanaan Pilbup dijadwalkan digelar Desember tahun ini, Ernawati menyatakan Pemkab bakal segera melakukan koordinasi dengan KPU setempat. ”Tak ada persoalan dan kita siap sewaktu-waktu harus berkordinasi dengan KPU disini,” pungkasnya.
Seperti sering diberitakan, masa tugas Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa (MKP) dan Wakil Bupati, Choirun Nisa’ akan berakhir pada Bulan Oktober 2015. Kalau pelaksanaan Pilkada jadi dilaksankan pada Bulan Desember, maka secara otomatis jabatan Bupati bakal kosong dan diisi Plt selama dua bulan. [kar]

Tags: