Pileg 2014, Keterwakilan Perempuan di DPRD Jatim Tinggal 15 Persen

DPRD Jatim, Bhirawa
Meski dalam UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu mengamanatkan keterwakilan perempuan dalam partai politik sebesar 30 persen, tapi dalam praktiknya banyak dari caleg perempuan berguguran. Jika pada periode 2009-2014 keterwakilan perempuan di DPRD Jatim mencapai 18 persen, maka pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 ini diprediksikan hanya tinggal 15 persen saja. Hanya ada satu parpol saja yang sanggup memenuhi keterwakilan perempuan di atas 40 persen yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Dari hasil Pileg 2009 lalu, unsur perempuan di DPRD Jatim terdiri dari PKB sebanyak 3 orang, PDIP 3 orang, Partai Golkar 1 orang, Partai Gerindra 1 orang, Partai Demokrat 7 orang, PPP 1 orang dan Hanura 2 orang.  Sedangkan pada Pileg 2014 ini unsur keterwkilan perempuan berasal dari Partai NasDem sebanyak 1 orang, PKB 8 orang, PDIP 3 orang, Partai Golkar 1 orang, Partai Gerindra 1 orang, dan Partai Demokrat 1 orang.
Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar mengaku keterwakilan caleg perempuan partainya pada Pileg 2014 meningkat drastis. Jika pada Pemilu 2009 PKB hanya mampu mengantarkan tiga caleg perempuannya menjadi anggota DPRD Jatim, maka pada pemilu kali ini meningkat menjadi 8 orang. “Sekarang naik sekitar 40 persen atau di atas yang diamanatkan Undang-Undang Pemilu yakni 30 persen,” ujarnya, Kamis (8/5).
Diakui Halim, peningkatan keterwakilan perempuan di PKB tak lepas dari sistem perekrutan caleg serta track record caleg perempuan itu sendiri. “Rata-rata yang terpilih sekarang ini memiliki basis massa yang jelas, khususnya di muslimat dan fatayat NU, serta daya juangnya tinggi sehingga mampu bersaiang dengan caleg laki-laki,” jelas pria yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.
Seperti diketahui, berdasarkan hasil sementara rekapitulasi penghitungan suara di KPU Jatim, 8 caleg perempuan asal PKB yang melenggang ke Gedung Indrapura Surabaya, yakni Anik Maslachah, Anisa Syakur, Aida F, Khofidah, Agustina Liliasari, Khozanah dan Kartika Hidayati. “Dari 8 itu yang incumbent hanya 2, yakni Anisah Syakur dan Kartika Hidayati,” tambah Halim Iskandar.
Sementara itu, Partai Demokrat yang pada Pileg 2009 lalu mampu mengantarkan 7 caleg perempuannya duduk sebagai anggota Dewan Jatim, kini tinggal menyisakan 1 orang yakni Sri Subiati. “Pemilu tahun ini memang pertarungannya lebih berat sehingga tidak semua caleg perempuan dapat dengan mudah lolos menjadi anggota DPRD Jatim. Yang mampu lolos tinggal seorang itupun caleg incumbent dan tidak semua caleg perempuan Partai Demokrat maju lagi,” terang Sugiri Sancoko salah  seorang Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), tergolong konsisten karena keterwakilan perempuan masih tetap sama dibanding pemilu sebelumnya, yakni sebanyak 3 orang. Namun yang tergolong caleg incumbent hanya seorang yang lolos, yakni Suharti. Sedangkan 2 caleg perempuan terpilih lainnya yaitu Agatha dan Sri Untari.
Terpisah pengamat politik dari Unair Suko Widodo mengungkapkan keprihatinannya atas turunnya keterwakilan perempuan di DPRD Jatim dari 18 persen menjadi 15 persen. Semestinya legislator perempuan yang terpilih menurutnya bisa lebih jika partai politik merekrut caleg perempuan yang berkualitas. “Kaderisasi di parpol mandek. Untuk memenuhi kuota 30 persen, parpol cenderung sembarang dalam merekrut caleg perempuan. Akibatnya keterwaktilan perempuan yang duduk di legislator kualitasnya asal-asalan,” terangnya
Selain itu, politik masih dilihat oleh pemilih sebagai wilayah laki – laki. Karena itu, ketika pemilihan berlangsung, warga kurang antusias memilih caleg perempuan. Selain caleg perempuan yang disodorkan kurang memenuhi kriteria ditambah paradigma pemilih yang masih seperti itu. “Makanya ke depan para perempuan yang disodorkan oleh parpol harus berkualitas dan edukasi politik ke masyarakat juga harus lebih masif,” tandasnya. [cty]

Daftar Sementara Caleg Perempuan  DPRD Jatim
NasDem       
1.   Dewi Masitha
PKB                       
1.      Anik Maslachah
2.      Anisa Syakur
3.      Aida F
4.      Makmullah
5.      Khofidah
6.      Lilia Agustina
7.      Khozanah
8.      Kartika Hidayati
PDIP
1.      Agatha
2.      Sri Untari
3.      Suharti
 Golkar
1.  Atika
Gerindra
1.Yayuk
Partai Demokrat      
1.Sri Subiati
Sumber :  KPU Jatim

Tags: