Pilkada di Sumenep Butuh Dana Rp 49 M

anggaran pilkadaSumenep, Bhirawa
Pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Sumenep yang akan digelar di bulan Desember 2015 ini membutuhkan dana sebesar Rp 49 miliar. Dana yang tersedia di kas daerah (kasda) yang dikumpulkan sejak tahun 2011 itu hanya Rp 30 miliar.
Sekretaris Daerah Pemkab Sumenep, Hadi Soetarto menyatakan, persediaan dana pilkada yang akan digelar Desember tahun ini baru mencapai Rp 30 miliar, padahal kebutuhannya mencapai Rp 49 miliar. “Kebutuhan dana pilkada tahun ini mencapai Rp 49 miliar, sedangkan yang tersedia di kas daerah (kasda) baru Rp 30 miliar, jadi masih kurang Rp 19 miliar,” kata Hadi Soetarto, Kamis (16/4).
Kekurangan dana pilkada sebesar Rp 19 miliar itu, lanjut Atok sapaan Hadi Soetarto, akan dialokasikan melalui pembahasan APBD perubahan 2015. “Kami upayakan kekurangan dana itu akan dialokasikan melalui pembahasan APBD perubahan tahun ini,” ujarnya.
Atok menegaskan, kebutuhan anggaran pilkada sebesar Rp49 milyar itu diketahui setelah tim kecil yang terdiri dari Pemkab dan KPU melakukan penghitungan secara detail terhadap kebutuhan dana tersebut. “Estimasi dana itu sudah cukup untuk pelaksanaan pilkada satu putaran meski dengan penambahan jumlah TPS, karena kami sudah menghitung bersama dengan KPU,” paparnya.
Masa jabatan Bupati dan wakil Bupati Sumenep akan berahir pada bulan Oktober 2015. Pelaksanaan pilkada dijadwalkan pada bulan Desember 2015. Hingga saat ini KPU belum melakukan apa-apa terkait kesiapan menjelang pelaksanaan pilkada karena masih menunggu disahkannya draf PKPU. [sul]

Rate this article!
Tags: