Pilkades Serentak Di Jombang Masuki Masa Kampanye

Kepala DPMD Kabupaten Jombang, Sholahudin Hadi Sucipto, Sabtu (05/12). [arif yulianto/bhirawa]

Jombang, Bhirawa
Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Jombang yang akan diikuti oleh 9 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Jombang memasuki masa kampanye. Masa kampanye pada Pilkades serentak di Kabupaten Jombang ini akan dimulai pada Senin (07/12).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Jombang, Sholahudin Hadi Sucipto, Sabtu (05/12) kemarin mengatakan, masa kampanye ini sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 8, 9, dan 10 Desember 2020.

“Tapi karena tanggal 9 ada hari libur nasional, akhirnya untuk kampanye kita majukan mulai hari Senin,” kata Sholahudin kepada sejumlah wartawan.

Terkait pelaksanaan Plikades serentak ini sendiri yang dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19, dia berharap, nantinya ada percepatan terkait proses pencoblosan. Sehingga untuk ini, pihanya telah menyiapkan undangan yang berbarchode.

“Jadi kalau orang masuk, melalui barchode langsung, tanpa ada absen manual. Kita gunakan absen hanya untuk centang saja, tapi masuknya pemilih nanti pakai barchode,” terang Sholahudin.

Selain itu kata dia, terkait pelaksanaan Pilkades serentak ini nantinya juga akan menggunakan Protokol Kesehatan (Prokes) seperti mulai dari awal masuk harus melakukan cuci tangan atau pakai hand sanitizer, dilakukan pengukuran suhu tubuh dengan alat thermogun, dan sebagainya.

“Termasuk di tintanya nanti, pakai pipet juga,” tandasnya.

Untuk penyiapan penerapan Prokes ini, Sholahudin mengungkapkan, pihaknya sudah menggelar kegiatan pra simulasi dan simulasi pelaksanaan Pilkades serentak. Sekadar diketahui, Pra Simulasi Pilkades Serentak di Jombang sudah dilaksanakan di Halaman DPMD Kabupateb Jombang beberapa waktu yang lalu.

“Sebenarnya kemarin itu, simulasi akan kita laksanakan di Jombang juga. Tapi desa menginginkan dilakukan di desa masing-masing. Sehingga kemarin sudah ada gambaran yang luar biasa, tinggal nanti eksekusinya bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Sholahudin Hadi Sucipto.(rif)

Tags: