Pilpres di Kabupaten Lumajang Terkesan ‘Adem Ayem’

52CAPRESLumajang, Bhirawa
Suasana Pilpres di Lumajang bakal adem ayem. Julukan ini tidaklah berlebihan. Hal ini terbukti, tidak ada agenda kampanye terbuka yang dijadwalkan tim pemenangan dari kedua pasangan, baik Joko Widodo-Jusuf Kalla maupun Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. ”Sampai hari ini, KPU Kabupaten Lumajang belum menerima jadwal kampanye terbuka yang disampaikan kedua pasangan,” kata Mahmud, staf KPU Kabupaten Lumajang.
Sepinya kampanye Pilpres kali ini, juga terlihat dari pola penjaringan suara yang dilakukan Parpol Koalisi dan juga tim pemenangan masing-masing calon. Tidak seperti saat pelaksanaan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati, Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur dan bahkan Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu, di mana banyak baliho, banner maupun spanduk yang bertebaran di seluruh ruas jalan.
Untuk Pilpres kali ini, pemasangan alat peraga kampanye (APK) terlihat minim. Meski masih ada beberapa APK yang terpasang di sejumlah ruas jalan, namun jumlahnya sedikit saja. Hanya terpantau pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa saja yang memasang APK di jalanan. Sedangkan, APK pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla belum terlihat.
Adem ayem suasana Pilpres ini juga berimbas dari order pesanan di percetakan. ”Order untul Pilpres baik APK, leaflet, spanduk, banner maupun baliho sangat minim,” ungkap Sunardi, pengelola usaha percetakan di Kecamatan Kota Lumajang. [yat]

Tags: