Pimpinan DPRD Lamongan Apresiasi Peran Pers dalam Pembangunan Daerah

Jajaran pimpinan DPRD Lamongan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Abdul Ghofur saat rapat paripurna bersama Bupati Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Abdul Rouf beserta Sekda Moh. Nalikan. (alimun hakim/ bhirawa).

Lamongan, Bhirawa.
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kab. Lamongan mengapresiasi peran Pers yang sangat penting dalam pembangunan di daerah. Apalagi di era digital dan banjirnya informasi di media sosial.

Sehingga kinerja Pers dengan segala fungsinya masih menjadi rujukan utama dalam melakukan kroscek atas sebuah informasi yang beredar di masyarakat.

“Tentu ya, Peran Pers ini sangat pentjng bagi kami sebagai wakil rakyat. Selain untuk controling. Karya jurnalistik Pers menjadi rujukan dari informasi – imformasi yang beredar di media sosial. Sebab, Perusahaan Pers dalam menayangkan berita itu melalui proses di dewan redakasi dan konfirmasi. Sehingga tingkat ke akurasianya teruji,” ujar Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur kepada bhirawa, Senin (12/2) dalam menyambut positif Momentum Hari Pers Nasional Tahun 2024 dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke – 78

Dijelaskanya, Jika pada bulan Februari tepatnya pada tanggal 9 memiliki sejarah penting bagi insan Pers di Indonesia. “Selamat Hari Pers Nasional tahun 2024. Bersama mengawal transisi kepemimpinan nasional, merawat keutuhan bangsa,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Lamongan daei sosom perempuan, Retno Wardani.

Legislator asal Partai Demokrat tersebut menilai jika Pers memainkan peran strategis dalam merawat persatuan dan kesatuan yang menjadi ciri has kehidupan bangsa imlndonesia.

“Saya secara pribadi dan lembaga DPRD berterima kasih kepada seluruh insan pers dimana pun berada. Tentunya, kepentingan nasional bersama yaitu tidak lain menjaga keutuhan bangsa,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Partai Amanah Nasional (PAN) menybutkan peran pers dalam pemberitaan di era demokrasi sangatlah penting. Pers antara lain berfungsi sebagai pengawas pemerintah yang independen, dengan membuat liputan terhadap kegiatan pemerintah, memeriksa kebijakan, dan mengkritik ketika diperlukan untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi.

“Pers menyediakan informasi yang penting bagi masyarakat tentang isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Mereka memberikan berbagai sudut pandang dan analisis yang membantu masyarakat untuk membuat keputusan yang lebih baik,” ucapnya.

Melalui liputan dan analisis, kata dia, pers membantu mengedukasi masyarakat tentang proses politik dan demokrasi. Mereka menjelaskan bagaimana keputusan dibuat, bagaimana kekuasaan dijalankan, dan bagaimana masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses tersebut.

“Dengan demikian, pers memiliki peran yang krusial dalam menjaga keseimbangan kekuasaan, mempromosikan transparansi, dan memperkuat partisipasi publik dalam sebuah demokrasi,” ujarnya.

Senada dengan itu, Pimpinan DPRD dari Fraksi PDIP Darwoto menambahkan bahwa Pers terus komitmen menjaga fungsi sebagai pilar keempat demokrasi.

Dia berharap, Pers dalam pemberitaannya tetap mengedepankan semangat cinta tanah air, dan menjaga keutuhan bangsa.”Bersanaan dengan datangnya bulan pemilu, mari kita kawal transisi kepemimpinan nasional dan kita jaga keutuhan bangsa,” harapnya. (aha.yit.hel).

Tags: