Pimpinan OPD di Sidoarjo Diberi Contoh Selamatkan Arsip

Bupati dan Wabup Sidoarjo melihat cara restorasi arsip dalam kegiatan restorasi arsip di pendopo delta nugraha. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Tidak semua ASN di Kabupaten Sidoarjo ternyata tahu cara-cara menyelamatkan arsip yang ada ditempat kerjanya masing-masing. Sehingga baru pada tahun 2019 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo memberikan kegiatan cara restorasi arsip atau penyelamatan arsip.
Kegiatan yang digelar Kamis (28/11) kemarin, di Pendopo Delta Nugraha Sidoarjo itu, pesertanya 100 orang, ada dari kalangan pimpinan OPD di Sidoarjo, 18 Camat, kepala desa/Kelurahan dan BUMD di Kabupaten Sidoarjo.
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, yang membuka kegiatan tersebut juga menyerahkan hasil restorasi arsip dari Dispendukcapil berupa akte kelahiran, Desa Tropodo Kec Krian berupa Letter C tahun 1982 dan letter C dari Desa Juwet Kenongo Kec Porong berupa letter C tahun 1939.
Arsip-arsip itu telah direstorasi oleh petugas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo dengan memakai sarana tisu Jepang.
Bupati Saiful Ilah yang membuka kegiatan tersebut mengatakan agar semua OPD di Kabupaten Sidoarjo mencontoh penyimpanan dan penyelamatan arsip yang baik. Supaya arsipnya bisa selamat dan tidak sampai rusak.
“Saya senang dengan inovasi penyelamatan arsip model ini. Semoga nanti tidak banyak arsip di Kab Sidoarjo yang rusak. Sehingga bisa memberikan pelayanan yang baik,” katanya.
Sebelum acara dimulai, Bupati Saiful Ilah, didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifudin dan Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan Sidoarjo, Medi Yuianto, dan komisi A DPRD Sidoarjo, berkeliling meninjau stand yang memamerkan cara-cara restorasi arsip.
Menurut Kepala Dinas Perpustakaa dan Kearsipan Kab Sidoarjo, Drs Medi Yulianto MSi, kerusakan arsip bisa karena faktor internal juga faktor eksternal.
Maka itu pihaknya terus menghimbau kepada kepala OPD di Kabupaten Sidoarjo agar peduli dalam menyelamatkan arsip. Karena tujuannya untuk menyelamatkan bukti-bukti administrasi pembangunan di Kabupaten Sidoarjo. [kus]

Tags: