Pipa Perumdam Among Tirto di Kota Batu Mulai Berkarat dan Bocor

Direktur PDAM Kota Batu, Edi Sunaedi ST M.Ap (kanan berkopiah) dalam sebuah acara bersama Pejabat PDAM Malang.

Kota Batu,Bhirawa
Pipa transmisi PDAM yang digunakan di Kota Batu saat ini merupakan peninggalan Belanda. Akibatnya, banyak dari pipa tersebut yang mulai berkarat sehingga menimbulkan kebocoran saluran air. Karena itu di awal tahun ini PDAM Batu langsung mendapatkan tugas berat melakukan penggantian pipa transmisi.
Dari hasil monitoring dan evaluasi ditemukan sebanyak 12 titik dari pipa transmisi yang mengalami kebocoran. Dan paling bayak kebocoran terjadi di sepanjang jalan Jalan Bukit Berbunga yang ada di wilayah Kecamatan Bumiaji. “Memang ada 12 titik yang bocor. Tapi tak mengganggu distribusi air ke pelanggan. Titik yang bocor telah kita data dan akan dilakukan perbaikian. Kami harap bulan ini segera ditangani,” ujar Direktur PDAM Batu yang kini berubah menjadi Perumdam Among Tirto, Edi Sunaedi ST M.Ap, Senin (6/1).
Dari 12 titik Jaringan Transmisi Perumdam Among Tirto ini merupakan penyuplai kebutuhan air untuk hotel-hotel yang banyak berada di kawasan Bumiaji, mulai jaringan hotel Batusuki hingga Hotel Purnama. Adapun sumber air yang mengaliri pipa transmisi itu berasal dari sumber Banyuning yang ada di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.
Kebocoran yang terjadi ini juga mengakibatkan jalan yang ada di atasnya rusak dan berlubang. Kondisi jalan berlubang tersebut membahayakan pengendara di jalan tersebut. Hal ini menginisiasi warga untuk memberikan plang atau tanda di jalan berlubang tersebut.
Untuk mengatasi kerusakan ini Perumdam Among Tirto harus mengganti pipa yang rusak. Pipa ini merupakan tipe Asbestos Cement Pipe (ACP) atau yang biasa disebut dengan pipa asbes. Kendalanya, pipa asbes ini sekarang sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan. Sehingga untuk menggantinya harus dilakukan secara keseluruhan.
Namun Sunaedi menyatakan bahwa pihaknya dalam bulan ini tak bisa melakukan perbaikan secaratotal. Artinya, perbaikan perbaian yang dilakukan hanya pada titik pipa transmisi yang bocor.
“Rencananya kami akan melakukan perbaikan jaringan dengan menggunakan pipa High Density Poly Ethylene (HDPE). Karena pipa tersebut anti karat,” pungkas Sunaedi.(nas)

Tags: