Piutang Pajak Kota Batu Harus Tuntas Awal Tahun

Piutang PajakKota Batu, Bhirawa
Di awal tahun ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu segera mengevaluasi perkembangan penyelesaian piutang pajak Jatim Park. Jika tidak ada perkembangan positif, dewan akan segera memanggil Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Pemanggilan itu untuk mencari solusi akhir agar masalah piutang pajak ini tidak berkepanjangan.
“Sebelumnya kita (dewan) sudah melakukan dialog-dialog dengan pemkot dalam menyelesaikan masalah ini (piutang pajak-red). Kita akan evaluasi apakah solusi yang kita tawarkan sudah dilaksanakan, dan sudah ada perkembangan positif yang mengarah pada penyelesaian masalah piutang ini,” ujar Ketua DPRD Kota Batu saat dikonfirmasi, Kamis (1/1).
Dalam beberapa kali pertemuan dengan pemkot, katanya, dewan sudah memberikan beberapa alternatif sebagai jalan keluar. Dewan menyarankan agar pemkot memanggil para pakar di bidang ekonomi dan perpajakan untuk memberikan referensi.
Bila diperlukan, pemkot juga bisa mendatangkan atau mengundang tim independen bahkan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan-red). Hal ini dilakukan untuk menentukan piutang mana saja yang masih bisa dilanjutkan, dan piutang mana yang bisa dibebaskan dari total besaran piutang sekitar Rp 22 miliar. [nas]

Tags: