Pj Bupati Sidoarjo Apresiasi Petugas Kebersihan

Petugas kebersihan sedang membersihkan di lingkungan sekitar Taman Makam Pahlawan. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Setelah mendapatkan motivasi dan dorongan dari Pj Bupati Sidoarjo terkait penanganan kebersihan di jalan dan taman-taman kota Sidoarjo.

Petugas Kebersihan dari DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Kabupaten Sidoarjo, telah merespon dengan baik, hingga sekarang para petugas sudah bergerak sendiri, sehari bisa tiga kali melakukan pembersihan tanpa harus ‘diobrak’ terlebih dahulu.

Melihat kondisi tersebut, Pj Bupati Sidoarjo Dr Hudiyono M.Si memberikan apresiasi yang tinggi kepada DLHK, khususnya para petugas kebersihannya.

“Kalau kondisinya sudah bersih terus, yang senang siapa ? ya kita semua. Termasuk masyarakat yang menikmati, baik di jalan-jalan umum maupun di taman-taman. Inilah namanya bersamaan, saling melengkapi,” terang Hudiyono.

Ia juga berharap, gerakan-gerakan kebersihan itu agar terus dilakukan sampai kapanpun, bukan hanya pemerintah, mestinya masyarakat juga harus peduli terhadap kebersihan kotanya.

“Yang dulu, petugasnya ada, tetapi kondisi lingkungannya masih kotor, ada apa ? Ternyata mereka para petugas butuh motivasi dan butuh dorongan semangat. Setelah kita lakukan, Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik, semoga bisa berjalan secara bertahap ke seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo,” harap Cak Hud_sapaan akrabnya.

Terpisah, Kepala DLHK Kabupaten Sidoarjo Ir. Sigit Setiyawan juga mengaku sangat berterima kasih karena pihak diberikan masukan-masukan. Oleh karena kita kami juga akan terus meningkatkan apa yang diharapkan oleh Pak Pj Bupati kita bisa memenuhi, terus kondisi yang di lapangan pun sudah siaga dengan baik.

“Memang kondisinya sekarang sudah sangat meningkat, petugas penyapu yang sebelumnya hanya dilakukan sehari sekali, sekarang bisa tika kali sehari,” jelas Sigit Setiyawan.

“Jadi Alhamdulillah gayung bersambut demi kepentingan bersama. Pada prinsipnya dukungan dan perhatian Pak Pj Bupati Sidoarjo terhadap DLHK, kami juga berusaha terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, yang di lapangan juga sangat termotivasi semua, hingga secara sudah berjalan dengan baik, walaupun belum seluruhnya maksimal. Karena jumlah petugasnya memang sangat kurang, tetapi yang ada harus saya maksimalkan,” pungkas mantan Kepala Dinas PU Bina Marga ini.

Suasana bersih tidak hanya terlihat di jalan-jalan umum dan protokol saja, tetapi di 9 Taman Edukasi yang ada di Sidoarjo juga sudah tampak terlihat bersih dan asri. Menurut Kepala Bidang Pertamanan dan PJU Ir. Moch Rochjadi H. M.AP di Sidoarjo ada beberapa jenis taman, yakni taman edukasi diantaranya Taman Tanjung Puri, Taman Abirama di Sidoarjo, Taman Abkasi di Porong, Abisatya di Kec. Taman, Taman Abirupa di Krian, Taman Duarakertadi Porong, Taman Perahu dan Taman Mbah Jailani serta Taman Alun-alun Sidoarjo.

“Bahkan Taman Abkasi di Porong sering manjai tempat transip Kapolda Jawa Timur saat melakukan Goes bersama jajarannya. Biasanya kalau tidak hari Sabut ya Minggu, tetapi yang sering biasanya hari Minggu,” jelas Moch. Rhohjadi, pada Selasa (24/11) kemarin. [ach]

Tags: