Pj Bupati Sidoarjo Semangati Staf Kantor BPKAD Lembur

Pj Bupati Hudiyono saat meninjau kerja lemburnya Staf BPKAD Sidoarjo. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Puluhan Staf BPKAD (Badan Penelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Sidoarjo yang lagi kerja lembur untuk menyelesaikan tugas-tugas laporan keuangan di akhir tahun 2020, langsung mendapatkan semangat dan motivasi dari Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono.

Kedatangan Hudiyono Selasa malam (8/12) pukul 19.30 wib untuk menyambangi stafnya yang kerja lembur. Nampak puluhan Staf BPKAD sedang berjibaku menyelesaikan laporan keuangan akhir tahun 2020. Selain itu juga untuk memberikan semangat dan motivasi kerja staf di Bidang Perbendaharaan dan Akuntansi dalam menyelesaikan tugas-tugas laporan keuangan yang rutin menumpuk di akhir tahun.

“Setiap hari lembur sampai jam 10 malam, karena harus menyelesaikan laporan yang masuk dari dinas-dinas. Perhari rata-rata ada 250 berkas yang diselesaikan,” ungkap salah satu staf BPKAD.

Hudiyono mengecek progres laporan keuangan di BPKAD karena terkait dengan realisasi penyerapan anggaran OPD. “Silpa tahun lalu kurang lebih ada Rp 1,3 triliun, target kami kalau bisa turun dibawah Rp1 triliun,” kata Hudiyono.

Ia juga menerima keluhan dan masukan dari staf BPKAD karena laporan keuangan dari OPD yang masuk selalu menumpuk di akhir tahun. Memang ini akan kita evaluasi, jika seperti ini terus, maka potensi Silpa tinggi akan terjadi lagi.

Namun kenyataan sekarang ini harus kita hadapi, bahwa ada beberapa OPD yang penyerapannya masih rendah, ini yang kita cari solusi bersama.

“Agar tahun ini nilai Silpa bisa turun dari tahun lalu. Begitu juga dengan BPKAD, bila jumlah stafnya terbatas bisa mengajukan bantuan staf ke BKD untuk membantu mempercepat proses penyelesaian laporan keuangan,” ujar Hudiyono.n [ach]