Pjs Wali Kota Blitar Tinjau RPH, BBI Dan Situs Candi Gedog

Pjs Wali Kota Blitar, Jumadi didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono dan Camat Sananwetan, Heru Eko Pramono saat meninjau EkskavasiSitus Candi Gedog oleh BPCB Jatim, Rabu (7/10). [Hartono/Bhirawa]

Pemkot Blitar Dukung BPCB Jatim Ekskavasi Situs Candi Gedog
Pemkot Blitar, Bhirawa
Meningkatkan pelayan Pemerintah Kota Blitar kepada masyarakat, Pjs Wali Kota Blitar kembali monitoring sejumlah lokasi mulai di Rumah Potong Hewan (RPH), Balai benih Ikan (BBI) dan Situs Candi Gedog Kota Blitar, Rabu (7/10).

Pjs Wali Kota Blitar, Jumadi mengatakan selama pandemi Virus Corona (Covid-19) di Kota Blitar pihaknya berharap semua sektor baik di bidang perekonomian, pariwisata, perdagangan dan jasa tetap berjalan dengan maksimal sesuai dengan protokol kesehatan.

“Seperti di RPH, kami berharap bisa tetap berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga masih bisa melayani masyarakat Kota Blitar,” kata Pjs Wali Kota Blitar usai mengunjungi tempat pemotongan unggas, kambing dan sapi di RPH Dimoro Kota Blitar.

Lanjut Jumadi, pihaknya juga berharap di sektor perikanan juga menjadi salah satu faktor untuk peningkatan perekonomi di Kota Blitar, dimana melalui benih-benih unggul ikan yang dihasilkan oleh Balai Benih Ikan (BBI) Kota Blitar bisa memberikan dan membantu masyarakat dalam budidaya ikan yang berkualitas.

“Dari sektor perikanan juga membantu peningkatan perekonomian di Kota Blitar, kita ketahui ada banyak jenis ikan yang berkualitas yang telah dihasilkan oleh BBI Kota Blitar,” jelasnya.

Usai mengunjungi RPH dan BBI, Pjs Wali Kota Jumadi juga menyempatkan melihat secara langsung pelaksanaan Ekskavasi Situs Candi Gedog di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, dimana pihaknya juga berharap selain menelusuru nilai-nilai sejarah yang ada di Situs Candi Gedog juga bisa menjadi industri pariwisata sejarah di Kota Blitar.

“Dari temuan Situs Candi Gedog yang saat ini sedang dilakukan ekskavasi, kami akan tunggu hasilnya Namun yang penting selanjutnya apa yang akan dilakukan kedepan, apalagi Situs Candi Gedog menjadi juga menjadi bagian sejarah Kota Blitar,” ujarnya.

Bahkan dikatakan Pjs Wali Kota Jumadi, temuan Situs Candi Gedog selain menunjukkan sejarah Kota Blitar, juga ada kaitannya dengan Mataram Hindu maupun Majapahit, sehingga sejarah itu yang harus selalu dipelihara.

“Temuan Situs Candi Gedog juga bisa menjadi nilai industri Pariwisata di Kota Blitar, dan keberadaan Situs Candi Gedog ini semakin memperkaya ciri khas Kota Blitar menjadi bagian penting perjalanan sejarah di Indonesia. Untuk itu kami akan mensuport terus ekskavasi yang dilakukan BPCB sampai menemukan bentuk di Candi Gedog,” imbuhnya yang kemudian melanjutkan kegiatan selanjutnya Rapat Satuan Tugas Covid-19 Kota Blitar di Ruang Rapat Sasana Praja pada pukul 13.00 WIB. [htn.adv]

Tags: