PKaMI Umsida Dampingi SMK Antartika 1 Buat Aplikasi Pembiayaan Nasabah

Contoh aplikas nasabah yang berhasil digarap oleh siswa SMK Antartika 1 Sidoarjo. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Rendahnya kualitas dan kuantitas analisis instrumen perangkat aplikasi untuk mengukur kelayakan calon nasabah pembiayaan Murabahah, membuat Abdimas (Pengabdian Masyarakat) PKaMI Umsida (Program Kemintraan Masyarakat Institusi-Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) melakukan pemdampingan.
Menurut salah satu anggota Tim PKaMI, Diah Krisnaningsih dari Fakultas Agama Islam Umsida, yang didampingi Dewi Komala, Fakultas Ekonomi dan Uce Indahyanti Informatika Umsida, Sabtu (11/7) lalu, karena program ini merupakan salah satu mata pelajaran pembiayaan Bank Syariah di SMK Antartika 1 Sidoarjo.
Diah menjelaskan, rendahnya kualitas dan kuantitas analisis ini dikarenakan beberapa alasan, yakni tidak adanya instrumen dan indikator analisis 5C (Character, Capability, Capital, Collateral, Condition of Economy) yang digunakan untuk menganalisis calon nasabah pembiayaan murabahah sangat sedikit.
“Sehingga analisanya tidak terstruktur dengan baik. Tidak adanya perangkat analisis kelayakan calon nasabah, belum terstruktur dengan baik dan benar untuk menghasilkan rekomendasi yang efektif dan efisien,” jelas dosen Prodi Perbankan Syariah ini.
Juga kurangnya kemampuan dan pengalaman siswa menjadi penyebab rendahnya kualitas kompetensi siswa dalam menganalisa, sehingga siswa belum dapat merekomendasikan kebutuhan pembiayaan calon nasabah dengan efektif dan efisien. ”Maka kami memberikan pendampingan berupa pelatihan kepada siswa dalam penerapan aplikasi ini,” ujar Diah.
Makanya, pada 25 Juni 2020 lalu, Tim Analis Pembiayaan bersama dengan Tim IT mensosialisasikan program aplikasi ini kepada Tim IT dan guru perbankan di SMK Antartika 1 Sidoarjo secara daring via aplikasi zoom. Hal ini dilakukan karena pandemi virus Covid 19 yang terjadi saat ini. Maka diharapkan dapat membantu guru dan siswa untuk menganalisis pembiayaan murabahah secara real, sesuai dengan aplikasi yang digunakan oleh industri perbankan di Indonesia.
Aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa jurusan perbankan, hingga kini masih belum ada materi yang lebih dalam membahas mengenai analisis. Diharapkan nantinya mampu membantu pemahaman dan kompetensi pengajar dan siswa mengenai materi analisis pembiayaan di jurusan Perbankan SMK Antartika 1 Sidoarjo, secara terkomputerisasi dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Web Java beserta modul pembelajaran.
“Sehingga proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Sehingga program ini membutuhkan beberapa kali revisi untuk menyempurnakan instrumen dan metode analisis pembiayaan murabahah 5C,” pungkas Diah. [ach]

Tags: