PKK Jatim Sukses Bantu Program Pemprov

3-Gubernur Jatim Dr H Soekarwo saat mengukuhkan Pengurus TP PKK Provinsi Jawa Timur periode 2014-2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, kemarin.Pemprov Jatim, Bhirawa
Peran anggota PKK Provinsi Jatim dalam membantu program pemerintah mendapat pengakuan dari Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo. Secara khusus, mantan Sekdaprov Jatim ini memberikan apresiasi kepada para anggota PKK yang telah mengabdi dan menjadi relawan mendampingi keluarga agar lebih sejahtera.
“Pemprov Jatim selama ini sangat terbantu dengan peran PKK yang mendukung hampir semua lini tugas pemerintahan. Program dan kegiatan PKK mampu menyentuh langsung pada kebutuhan dasar keluarga dan masyarakat,” kata Soekarwo, saat Pengukuhan anggota TP PKK Provinsi Jatim Masa Bhakti 2014-2019, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (10/6).
Menurut dia, banyak sekali yang telah diurus anggota TP PKK mulai dari ibu hamil, anak yang masih dalam kandungan sampai lansia. Selama ini PKK juga turun ke desa-desa mendampingi penderita gizi buruk, mengurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi.
Tak hanya itu, generasi penerus masa depan juga diperhatikan dengan sungguh-sungguh melalui gerakan 10.000 taman posyandu. Melalui pendekatannya yang khas, PKK mampu mengajak semua pihak, mulai kalangan mahasiswa, pengusaha, organisasi masyarakat, SKPD Provinsi dan kab/kota semua digandeng untuk bersama-sama membentuk taman posyandu di setiap desa/ Kelurahan.
Setelah berhasil dengan gerakan taman posyandu, kemudian PKK meluncurkan gerakan membacakan buku  bagi anak sebelum tidur. “Ini gerakan yang bagus untuk menanamkan kecintaan terhada buku sejak dini, sehingga tertanam dalam bawah sadar anak. Selain itu mendekatan hubungan sosial emosional anak dengan ibunya, sekaligus memperkaya program taman posyandu,” jelasnya.
Pakde Karwo-sapaan lekat Soekarwo, juga mengatakan, anggota TP PKK berarti menjadi relawan yang siap mengabdi mendampingi keluarga untuk memberdayakan dan lebih sejahtera. Ke depan, gerakan PKK diharapkan terus mensinkronkan program dan kegiatannya dengan prioritas pembangunan Jatim untuk mewujudkan masyarakat Jatim lebih sejahtera.
Apalagi, lanjutnya, Pemprov Jatim telah mencantumkan indeks pembangunan gender menjadi salah satu kinerja utama dalam RPJMD 2014-2019. Ini komitmen Pemprov Jatim untuk mendorong peran dan mengembangkan potensi perempuan. Disinilah peran PKK dianggap menjadi lebih strategis lagi.
“Salah satu kelebihan PKK adalah jaringan komunikasinya yang terstruktur dari tingkat pusat sampai rumah tangga. Para kader PKK mampu melihat dan memahami persoalan nyata yang dihadapi masyarakat, bahkan mendampingi dan memberdayakannya,” tandasnya.
Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim, Dra Hj Nina Soekarwo Msi, menegaskan, dalam masa bhakti lima tahun ke depan, PKK Provinsi Jatim akan melanjutkan program dan kegiatan yang telah dirintis. Tentunya dengan memperhatikan evaluasi, tantangan strategis dan penajaman program, dan sasarannya  yang  di sinkronkan dengan program pemerintah.
Ada penajaman beberapa program, mulai bidang kesehatan yaitu penurunan Angka Kematian Ibu melahirkan (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), pendidikan anak usia dini, ketahanan pangan, dan mendongeng sebelum tidur. Artinya pemahaman  dan imajinasi anak di stimulus sejak dini. Hal ini sudah mulailangka bercerita menjelang tidur.
Berkaitan dengan fenomena yang terjadi akhir-akhir ini dengan penyimpangan seks terhadap anak kecil, katanya, PKK akan membuat program pembinaan dan pemahaman ketahanan keluarga atau orang tua sangat penting, anak-anak perlu pemahaman.
“Demi meningkatkan kinerja PKK Provinsi Jatim supaya program dan kegiatannya berjalan efektif, maka akan dikembangkan beberapa strategi, seperti, memacu peningkatan kinerja dan fungsi kesekretariatan, memacu peningkatan kinerja Pokja I sampai IV dan sinergi antar Pokja, memacu peningkatan kapasitas dan kompetensi kader, memberikan apresisasi kepada kader. Selain mengutamakan pendekatan partisipatif, persuasif dan personal, juga menjalin jejaring dengan SKPD,” paparnya. [iib]

Keterangan Foto : Gubernur Jatim Dr H Soekarwo saat mengukuhkan Pengurus TP PKK Provinsi Jawa Timur periode 2014-2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, kemarin. [iib/bhiawa]

Tags: