PKL Alun-alun RBA Ki Ronggo Bondowoso Bakal Direlokasi Pebruari Mendatang

Sigit Purnomo, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso. (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Pedagang Kaki Lima (PKL) yang saat ini masih beroperasi di Alun-alun RBA Ki Ronggo direncanakan bakal direlokasi pada awal bulan Februari mendatang, ke tempat wisata kuliner Jembatan Ki Ronggo Bondowoso.
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Bondowoso, Sigit Purnomo, mengatakan, pihaknya telah melakukan kesepakatan dengan beberapa perjanjian dengan paguyuban PKL. Mediasi tersebut difasilitasi oleh Komisi Nasional Ham Asasi Manusia (Komnas HAM) di Hotel Aston Jember pada bulan April 2019 waktu lalu.
“Jauh sebelum relokasi kita sudah melaksanakan mediasi dengan komnas HAM. Ada perjanjian Item mana yang harus dipatuhi pedagang dan apa harus disediakan oleh Pemkab,” paparnya saat dikonfirmasi, Rabu (15/1).
Namun, terkait tanggal pemindahannya sendiri, Sigit sapaan akrabnya mengaku, masih belum memberikan kepastian.
“Relokasi PKL ini adalah gawehnya Pemkab Bondowoso dan bukan semerta-merta hanya gawehnya Diakoperindag saja. Kami hanya menjalankan tugas dari pemerintah,” ujarnya.
Menurutnya, pada prinsipnya bahwa tidak ada pemerintah ingin menyengsarakan rakyatnya. Semua ingin mengangkat derajat rakyatnya, dalam hal ini pemerintah mempunyai kewajiban untuk mengangkat perekonomian masyarakat Bondowoso.
“Maka tolong, goodwill dari pemerintah itu juga harus bisa diterima dengan baik,” jelasnya.
Diakuinya, Pemkab Bondowoso juga sudah sepakat terkait pengajuan rekomendasikan dari Komnas HAM berupa kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintah pada PKL, dan semuanya kewajiban itu sudah dipenuhi. Seperti pembuatan untuk penyeragaman rombong, pengadaan etalase, kipas angin, meja dan kursi pedagang semuanya sudah dipenuhi dan disiapkan.
Dia pun mengakui, bahwa Komisi II DPR Bondowoso saat rapat kerja bersama, juga sudah memberi supprot agar PKL segera dipindah ke tempat yang sudah dibangun.
“Kami juga ditegur kenapa pemindahan tidak segera dilaksanakan,” akunya.
Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Bondowoso, Andi Hermanto membenarkan, bahwa untuk pemindahan PKL yang berada di Alun-alun RBA Ki Ronggo itu ke tempat yang baru agar segera di lakukan. Karena pemindahan itu kata dia, sudah menjadi regulasi pemerintah.
“Kalau memang sudah sesuai, kami mempersilahkan. Karena, itu memang sudah menjadi regulasi pemerintah daerah. Kami tidak mempunyai kapasitas untuk menghalang-halangi atau melarang terkait pemindaha,” terangnya. [san]

Tags: