Plasa Telkom Digital Usung Konsep Digital Self Service

Plasa telkom digital di Surabaya

Surabaya, Bhirawa
Setelah menghadirkan Grapari Tekom Group di Surabaya akhir tahun 2017 lalu, Telkom kembali hadirkan satu pusat layanan pelanggan dengan konsep digital di jantung kota Surabaya, yakni Plasa Telkom Digital Mergoyoso. Berada di lantai 1 gedung Telkom Mergoyoso Jl. Mergoyoso 1-3 Surabaya, Plasa Telkom Digital (PTD) ini mengusung konsep digital self service, namun tetap friendly dengan adanya Customer Service yang mobile dan proaktif mendatangi pelanggan.
“Plasa Telkom ini hadir untuk memberikan digital customer experience sekaligus untuk mengedukasi pelanggan tentang konsep pelayanan digital, karena sesungguhnya kami sudah menyediakan aplikasi mobile MyIndihome yang bisa diakses pelanggan sendiri melalui smartphone nya”ungkap Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto, Rabu (18/4) kemarin.
Itu sebabnya ungkapnya lebih lanjut, meskipun telah disediakan digital table seperti halnya 4 MyIndihome Booth untuk memudahkan pelanggan mendapatan informasi product, layanan, komplain gangguan dan lainnya, juga tetap disediakan customer service yang akan proaktif mendatangi pelanggan bila memerlukan penjelasan dan konsultasi serta membantu install aplikasi.
Harapan kami, katanya, kedepan, jika sudah tersosialisasi dengan baik, tingkat kedatangan pelanggan menjadi lebih berkurang, dan pelanggan serta masyarakat bisa melakukan sendiri melalui smartphone nya. Hal ini dikatakan Supawiyanto dengan melihat data bahwa tingkat kehadiran masyarakat ke Plasa Telkom masih tinggi, seperti misalnya di Plasa Telkom Digital Mergoyoso ini, dimana jika dirata-rata per harinya mencapai 150 pelanggan, dan hampir 50% untuk kasus pelaporan gangguan, sisanya untuk informasi produk, payment, mutasi, dan pasang baru. “Padahal ini bisa dilakukan melalui aplikasi, meskipun kami masih memerlukan feedback dari voice of customer untuk penyempurnaannya” tambahnya.
Itulah sebabnya, adanya customer service mobile ini diharapkan bisa mendapatkan voice of customer dari publik. “Bagaimana kami bisa mendapatkan feedback apa saja yang harus kami perbaiki di sisi pelayanan dan juga menu-menu apa yang akan kami tambahkan di MyIndihome misalnya, jika tidak dari pengalaman atau experience mereka” tambah Suparwiyanto.
Saat ini PTD Mergoyoso selain melayani pelanggan Telkom, juga pelanggan Telkomsel. Beberapa bentuk yang dilayani untuk pelanggan Telkom seperti halnya psang baru Indihome, komplain pelanggan, pembayaran rekening, upgrade layanan, informasi produk dan layanan Telkom lainnya. Sedangkan untuk pelanggan Telkomsel berupa pasang baru kartu Hallo, upgrade kartu Telkomsel, migrasi dari prabayar ke prabayar, sampai pada registrasi kartu prabayar Telkomsel.
Secara nasional, Plasa Telkom Digital ini merupakan Plasa Telkom Digital yang ke 8 dan selain Plasa Telkom Digital Mergoyoso, di area Jatim, Bali, Nusra akan dibangun 2 lagi di Sidoarjo dan Gresik.
Yang membedakan Plasa Telkom Digital ini dengan Digital Grapari Telkom Group yang telah diresmikan sebelumnya di Plasa Telkom Dinoyo adalah dari sisi kelengkapan layanan device dan layanan yang ada didalamnya yang lebih beragam, baik untuk layanan Telkom maupun Telkomsel.
Sementara itu, untuk memberikan pemahaman yang cukup mudah bagi pengunjung yang datang tentang konsep SmartHome yang diusung oleh Telkom ke depan, Plasa Telkom Digital Mergoyoso juga telah menyediakan konsep mini smarthome, melengkapi Plasa Telkom Digital dengan beberapa device seperti halnya game VR (virtual reality), kids zone, PADI (Pustaka Digital), dan SmartHome booth berupa prototype sebuah rumah digital dimana pengunjung bisa mencobanya karena disediakan simulasinya disini.
Dengan SmartHome yang dicontohkan di Plasa Telkom Digital Mergoyoso ini, aktifitas seperti halnya menghidupkan dan mematikan TV, kompor, lampu, microwave, bahkan misalnya buka/tutup tirai jendela bisa dilakukan dengan sebuah device saja.
“Dengan digelarnya jaringan fiber optik secara bertahap di seluruh tanah air, termasuk di Surabaya, dimana dengan jaringan fiber optik ini tentu Telkom tidak hanya melayani single product seperti halnya dilakukan dengan jaringan kabel tembaga, namun sudah bundle product sehingga konsep SmartHome sebagai satu contoh IoT untuk sebuah rumah modern bisa diimplementasikan” pungkas Suparwiyanto.
Dengan SmartHome yang dicontohkan di Plasa Telkom Digital Mergoyoso ini, aktifitas seperti halnya menghidupkan dan mematikan TV, kompor, lampu, microwave, bahkan misalnya buka/tutup tirai jendela bisa dilakukan dengan sebuah device saja. [ma]

Tags: