Plengsengan Area Gua Lowo Kabupaten Trenggalek Ambrol Diterjang Banjir

Trenggalek,Bhirawa
Plengsengan area wisata Gua Lowo, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek ambrol akibat banjir. Akibatnya kios yang ada di atas plengsengan mengkawatirkan dan terancam ambrok kalau tidak segera dibenahi.

Plengsengan yang ambrol berada di sisi timur parkiran motor yang memiliki luas 25 meter x 8 meter. Dengan ketebalan 2-2,5 meter tepat berada di sisi belakang kios.

Menyikapi hal itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Kabupaten Trenggalek Sunyoto mengatakan sudah menindaklanjuti dengan bersurat ke Bupati yang diteruskan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dengan harapan, bisa segera dibangun kembali melalui Dana Tidak Terduga.

“Mudah-Mudahan segera dieksekusi yang jelas surat sudak kita layangkan kemarin senin setelah kejadian dengan harapan untuk segera diperbaiki,” ungkap sunyoto.

Mengingat di atas plengsengan tersebut, Sunyoto menerangkan ada beberapa kios milik warga sehingga harapannya bisa segera dibenahi agar tidak berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untungnya pas kejadian, tidak ada kios yang buka saat itu. Karena memang wisata Gua Lowo belum kembali dibuka pasca pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Lebih lanjut disinggung rencananya pembukaan wisata Gua Lowo Sunyoto menyebutkan akan dibuka pada awal Bulan November 2020, namun karena kondisinya yang tidak memungkinkan maka dilakukan penundaan sampai lokasinya benar -benar siap.

Namun kata dia ketika dibuka wisata tersebut ,mengingat akses masuk ke Gua Lowo yang sempit. Maka rencananya harus tetap menerapkan phisikal distancing dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kemarin kami sudah sampaikan kepada teman-teman yang ada di kawasan Gua Lowo, karena memang dampak pandemi Covid-19 ini sudah sangat dirasakan. Maka dengan dibukanya kembali Gua Lowo harus menerapkan physical distancing yang benar,” pungkas Sunyoto.(wek).

Tags: