PLN Terjunkan Ratusan Personel Lakukan Pemeliharaan Tanpa Padam di Banyuwangi

PLN ini secara bergantian menyasar berbagai wilayah Jawa Timur untuk memastikan layanan kelistrikan selalu optimal dengan pemeliharaan tanpa padam.

Jaga Kualitas Pasokan Listrik

Banyuwangi, Bhirawa.
PT PLN (Persero) terus berkomitmen menjaga keandalan jaringan listrik bagi masyarakat, salah satunya dengan melaksanakan program pemeliharaan jaringan Borderless Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Pemeliharaan Perabasan Terintegrasi (Bestie) pada 11-12 Juli 2023.

Program rutin yang diinisiasi oleh PLN ini secara bergantian menyasar berbagai wilayah Jawa Timur untuk memastikan layanan kelistrikan selalu optimal dengan pemeliharaan tanpa padam. Pada kegiatan kali ini, giat pemeliharaan lintas batas digelar di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banyuwangi berkolaborasi dengan seluruh UP3 se UID Jatim serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuwangi.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Banyuwangi, Agus Susanto mengungkapkan, lokasi kegiatan ini tersebar di wilayah kerja Unit Layanan Pelanggan (ULP) Banyuwangi Kota, ULP Rogojampi, ULP Genteng dan ULP Jajag.

“Dengan kegiatan borderless ini harapan kami dapat meningkatkan keandalan jaringan listrik, khususnya di wilayah kerja kami sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan citra baik perusahaan. Pada kegiatan ini juga kami pastikan petugas yang di lapangan wajib mengutamakan K3,” terangnya, Kamis (13/7).

Sebanyak 330 personel yang terdiri dari 132 personel PDKB, 70 personel pemeliharaan rabas dan operator dari 16 UP3 diterjunkan dalam kegiatan ini. Adapun armada yang digunakan untuk kegiatan pemeliharaan jaringan sebanyak 46 unit, yang terdiri dari 18 unit mobil PDKB, 16 unit skylift, 10 unit pickup, 2 unit truk harbas, 5 unit truk sampah DLH.

Sementara itu, kegiatan pemeliharaan ini berfokus pada pengamanan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) dari potensi gangguan yang disebabkan oleh binatang, perbaikan konstruksi jaringan SUTM dan pemeliharaan rabas pohon. Selama 2 hari total 70 titik jaringan akan dilakukan pemeliharaan tanpa padam dan 335 titik pohon dengan estimasi 225 ribu KWh yang telah diamankan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Lasiran menjelaskan sepanjang tahun 2023 hingga Juli, giat pemeliharaan tanpa padam yang terdiri dari personel lintas unit telah dieksekusi di berbagai wilayah Seperti Jember, Mojokerto, Ponorogo, Surabaya dan Banyuwangi.

“Jaringan SUTM listrik PLN ini harus dijaga jarak amannya/right of way (ROW) dari potensi gangguan seperti binatang, pohon, bangunan dan lainnya oleh karena itu perlu dilakukan pemeliharaan berkala. Untuk menjaga kenyamanan pelanggan, pemeliharaan ini dilakukan tanpa padam, sehingga kualitas pasokan listrik semakin andal masyarakat pun tidak perlu merasakan padam,” jelas Lasiran.

Sebelumnya pada Semester 1 2023, PLN UID Jawa Timur mengklaim melalui pemeliharaan borderless ini tren gangguan menurun hingga hampir 30% dibanding tahun lalu.

Kepala Bappeda Banyuwangi, Suyanto Waspo Tondo Wicaksono menyampaikan apresiasi kepada PLN atas kolaborasi yang sudah terjalin baik dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi selama ini.

“Dengan adanya kegiatan ini harapan kami dapat membuat Banyuwangi menjadi lebih baik, utamanya dalam menjaga pasokan listrik kepada masyarakat semakin andal,” pungkas Suyanto. [riq.bb]

Tags: