PLN UID Jatim Layanani Listrik ke 1.768 Pelanggan Akibat Banjir Jember

Kerja keras PLN yang tak kenal lelah

Surabaya,Bhirawa
PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur telah menormalkan kembali 9 gardu induk di kawasan Jember yang sempat terimbas bencana banjir sehingga pelanggan sudah bisa menikmati aliran listrik. Manager Komunikasi PLN UID Jatim Fenny Nurhayati mengatakan saat terjadi hujan deras dan banjir parah di kawasan Ambulu Jember pada 14 Januari lalu, PLN harus melakukan pemadaman demi keselamatan warga terdampak banjir. “Namun pada 15 Januari secara bergantian, 9 gardu induk dinormalkan kembali. Masing-masing gardu dinyalakan kembali dengan waktu yang berbeda-beda,” katanya, di Surabaya.

Lebih lanjut dijelaskan, saat itu sedikitnya ada tiga regu petugas PLN yang bertugas untuk melakukan pemadaman maupun menormalkan. Beruntung, katanya, tidak ada tiang listrik yang patah atau retak bahkan roboh akibat terjangan banjir di kawasan Ambulu Jember ini. Adapun dari 9 gardu induk yang ada di Desa Wonoasri, Desa Andongsari, dan Desa Guci itu terdapat 1.768 pelanggan yang sempat terdampak. Setiap gardu induk rata-rata mengaliri listrik sebanyak 200 an pelanggan.

Fenny menambahkan sementara untuk bencana alam Gunung Semeru yang terjadi baru-baru ini hingga kini tidak ada kendala terkait jaringan PLN sehingga para pelanggan yang tinggal di kawasan Gunung tersebut masih tetap dapat menikmati aliran listrik. “Untuk Semeru tidak ada kendala terkait jaringan PLN, Alhamdulillah sistem kelistrikan kita aman,” pungkasnya.[ma]

Tags: