PLT Bupati Imbau Warga Sidoarjo Manfaatkan Layanan Sipraja

Bagian Pemerintahan Kab Sidoarjo memberikan Bimtek pada petugas desa, kelurahan dan Kecamatan yang tiap hari melayani warga lewat aplikasi Sipraja. [alikus/bhirawa]

Sangat Tepat Dipakai di Masa Pandemi Covid 19
Sidoarjo, Bhirawa
Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin, menghimbau warganya pada masa pandemi Covid 19 saat ini, supaya memanfaatkan layanan aplikasi Sipraja atau Sistem Pelayanan Masyarakat Sidoarjo.

Menurut Nur Ahmad, karena dengan layanan secara online bisa mencegah dan mengurangi penularan Virus Corona atau Covid 19. Karena warga tidak sampai terjadi kontak langsung dengan banyak orang.

”Dalam masa pandemi Covid 19 ini, warga Sidoarjo tidak perlu pergi kemana – mana. Cukup di rumah saja, keperluannya bisa selesai. Hanya dengan memanfaatkan aplikasi Sipraja. Pelayanan ini hanya dalam genggaman. Hasilnya, cepat, tepat, aman dan gratis,” kata Nur Ahmad, Selasa (14/7) kemarin.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Sidoarjo, Drs Imam Mukri Effendy menjelaskan, Sipraja yang dilaunching sejak 25 September 2019 lalu, kini semakin banyak warga di Kab Sidoarjo yang memanfaatkan Aplikasi hasil karya dari ASN Sidoarjo ini. Cukup dengan memanfaatkan smartphone android, aplikasi layanan ini sudah bisa diakses oleh semua warga Sidoarjo. Dengan memanfaatkan layanan aplikasi ini, akan menghemat waktu, biaya dan tenaga.

”Seperti ungkapan, ikan sepat ikan gabus, dengan memanfaatkan layanan aplikasi ini maka akan lebih cepat lebih bagus,” kata Imam, yang saat ini juga ditunjuk sebagai PLT Camat Porong itu.

Dari 18 kecamatan di Kab Sidoarjo, menurut evaluasinya, hampir merata warganya sangat antusias memanfaatkan layanan aplikasi Sipraja tersebut, karena sudah merasakan manfaatnya. Dari 16 modul layanan yang awalnya bisa dilayani dalam aplikasi Sipraja itu kini, kata Imam, bertambah menjadi 25 modul layanan. Artinya, semakin banyak layanan di OPD di Kab Sidoarjo, yang bisa diakses dengan memanfaatkan aplikasi Sipraja itu.

Menurut Imam, layanan yang baik dalam aplikasi Sipraja tersebut, tidak lepas dari kerja yang maksimal yang dilakukan oleh perangkat di desa dan kelurahan serta di kecamatan dalam melayani keperluan warga Sidoarjo itu.

Sedangkan Vira Krida Murti Laksmi SSTP, Kepala Sub Bagian Bina Pemerintahan Kecamatan Bagian Pemerintahan juga menjelaskan, Pemkab Sidoarjo terus berusaha meningkatkan mutu layanan aplikasi Sipraja ini, para petugas pelayanan yang ada di tingkat desa dan kecamatan, rutin ditingkatkan kualitas SDM nya. Pada tahun 2020 ini, Bimtek untuk mereka diberikan mulai 14 Juli hingga 24 Juli yang akan datang.

Selain itu juga, kata Vira, juga rutin untuk meningkatkan kualitas layanan aplikasi Sipraja dengan mengupgradenya dengan versi-versi terbaru. ”Dua upaya yang kita lakukan itu, supaya kualitas layanan ini semakin menjadi lebih baik,” kata Vira, saat melakukan pembinaan bagi petugas layanan di tingkat desa dan kecamatan, kemarin.

Versi terbaru dari layanan aplikasi Sipraja, kata Vira, misalnya hasil layanan yang diterima warga, kini sudah memakai tanda tangan kering dan keabsahan produk layanan yang dikeluarkan, bisa diketahui dari sistim Barcode, yang sudah mendapat lisensi dari Badan Syber dan Sandi Negara (BSSN). ”Warga bisa mencetak sendiri, produk layanannya yang sudah dikirimkan lewat smartphone nya,” tandas Vira. [kus]