PMI Kabupaten Malang Terima Empat Unit Mobil Gunner Blower

Mobil Gunner Blower yang diserahkan PMI Jatim ke PMI Kab Malang, saat diserahterimakan di halaman Markas PMI kabupaten setempat, di Jalan Raya Kebonagung, Kec Pakisasji, Kab Malang

Kab Malang, Bhirawa
Selama masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), hal ini menjadikan Kabupaten Malang sebagai salah satu wilayah di Jawa Timur (Jatim) yang dinyatakan sebagai zona merah. Sehingga dengan status zona merah penyebaran Covid-19 tersebut, maka berbagai upaya dilakukan pencegahannya. Dan bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi juga terus mengalir untuk percepatan penanganan Covid-19.

Seperti Palang Merah Indonesian (PMI) Provinsi Jatim telah menyerahkan bantuan empat unit mobil Gunner Blower atau mobil penyemprot yang difungsikan sebagai penyemprot desinfektan, yakni untuk mencegah penyebaran virus, terutama di jalan raya. Sedangkan mobil Gunner Blower tersebut nantinya untuk melakukan penyemprotan desinfektan di semua wilayah di Kabupaten Malang.  

Ketua Dewan Kehormatan PMI Provinsi Jatim Harsono, Minggu (7/6), usai menyerahkan empat unit mobil Gunner Blower, di Markas PMI Kabupaten Malang, Jalan Raya Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang mengatakan, bantuan empat unit mobil Gunner Blower yang kita serahkan kepada PMI Kabupaten Malang, guna untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan desinfektan. “Meski saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang telah menerapkan New Normal atau tatanan baru setelah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 14 hari,” terangnya.

Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat Kabupaten Malang, agar tetap disiplin untuk menjalankan hidup bersih dan sehat demi menghindari penularan Covid-19.  Karena Kabupaten Malang yang juga salah satu wilayah di Jatim berstatus zona mera penyebaran Covid-19. Sehingga dengan adanya mobil Gunner Blower itu, PMI Kabupaten Malang agar nantinya bisa melakukan penyemprotan desinfekatan di seluruh wilayah yang tersebar di 33 kecamatan.      

Ditempat yang sama, Sekretaris PMI Jatim Edi Purwinarto menambahkan, mobil Gunner Blower ini memang difungsikan sebagai mobil penyemprot desinfektan pada daerah-daerah di Jatim yang kini berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Sementara, dari hasil data yang kita miliki, bahwa di Indonesia ada tiga daerah yang penyebaran Covid-19 tinggi atau zan merah berat, yakni Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jawa Timur, dan Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Untuk itu, Pemerintah Pusat mengirim 10 unit mobil Gunner Blower ke Jatim, dan empat unit mobil Gunner diantaranya untuk Kabupaten Malang. Karena Kabupaten Malang masuk zona merah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Malang Jajuk Rendra Kresna juga menjelaskan, jika mobil Gunner Blower yang kita terima ini akan melakukan penyemprotan desinfektan di wilayah Kabupaten Malang. Sedangkan untuk hari ini, mobil Gunner melakukan penyemprotan di wilayah Kecamatan Kepanjen,  Bululawang, Gondanglegi, Singosari, Lawang, dan Pakis. Dalam penyemprotan itu dilakukan oleh relawan PMI, yang dibantu oleh Polres Malang dan Kodim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu.

“Jadi PMI kan juga punya tugas, yakni berupaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang. Dan dari empat unit mobil Gunner Blower ini, dalam melakukan penyemprotan akan dilakukan para relawan PMI, yang jumlahnya mencapai 60-70 orang relawan,” paparnya. [cyn]

Tags: