PMI Kabupaten Probolinggo Antisipasi Penurunan Pendonor

donorrrProbolinggo, Bhirawa
Permintaan darah akhir-akhir ini terus meningkat, sedangkan jumlah pendonor terus menunjukkan angka penurunan. Mengingat angka penurunan dari pendonor darah di Kabupaten Probolinggo, apa lagi menyambut datangnya Lebaran 1435 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupten Probolinggo, memastikan bahwa stok darah berlangsung aman hingga beberapa hari sebelumnya memasuki lebaran. Hal ini diungkapkan wakil ketua PMI Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono, Rabu (4/6).
Menurut Sigit Sumarsono, terjadinya penurunan dari pendonor darah itu memang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, dan mengalami peningkatan terhadap permintaan darah. “Hal ini sudah biasa terjadi, tapi meski demikian, pihak PMI masih mampu untuk mengoptimalkan terhadap pemintaan, Alhamdulillah masih bisa teratasi sampai H-3 lebaran tahun lalu,” katanya.
PMI harus lebih mengantisipasi terhdap meningkatnya permintaan, karena terbukti pendonor menurun, dan diharapkan itu tidak akan membuat PMI kewalahan sampai lebaran tiba. Khususnya perlu sangat diantisipasi dengan terjadinya sebuah kecelakan yang tiba-tiba. Sebab, dengan kejadian seperti itu yang jelas sudah membutuhkan permintaan yang cukup signifikan.
Stok darah yang disediakan PMI biasanya tak kurangĀ  dari 300 sampai 400 labu, dan biasanya menjelang bulan suci Ramadan PMI mengadakan kegiatan yang sifatnya untuk meningaktkan stok darah dengan mengadakan kegiatan donorĀ  darah masal. Selain itu PMI juga akan mencari pendonor baru dengan tujuan untuk menambah stok darah, penyisiran untuk mencari pendonor itu akan dilakukan di kawasan industry maupun di tempat peribadahan atau tempat sosial lainnya. [wap]

Tags: