PMKS di Kabupaten Sidoarjo Ikut Diberi Vaksin Covid-19

Petugas dari Promosi kesehatan Dinkes Kab Sidoarjo mengajak warga binaan selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Tidak hanya warga biasa, sebanyak 12 orang warga binaan dari UPT PP Rehabilitasi Sosial milik Dinsos Kab Sidoarjo, juga telah ikut melakukan vaksinasi covid-19. Vaksinasi dosis ke-2, dengan menggunakan jenis vaksin Sinovac itu, dilakukan Senin (27/9) kemarin, oleh petugas dari Puskesmas Sidoarjo, di lokasi UPT PP Rehabilitasi Sosial Dinsos yang ada di Kelurahan Sidokare Kec Sidoarjo.

Sebelum vaksinasi dimulai, warga binaan mendapat pembinaan dari Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Kab Sidoarjo, supaya mereka selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan pada masa pandemi covid-19 ini. “Bapak ibu supaya selalu mandi setiap hari. 2 sampai 3 kali sehari. Keramas dan kukunya rutin dipotong ya,” anjuran dari Joko Prayitno SKM, petugas dari Promosi Kesehatan Dinkes Kab Sidoarjo kepada 12 warga binaan itu.

Ia juga mengingatkan agar mereka selalu menjaga protokol kesehatan. Makan dengan teratur. Istirahat cukup. Juga melakukan olah raga yang disukai. Selain menjaga kesehatan diri, juga diingatkan supaya menjaga lingkungan sekitarnya. Sebab, penyakit datangnya selain dari tubuh, juga bisa datang dari lingkungan sekitarnya. “Sebab covid-19 ini, bisa menyerang siapa saja,” ujar Joko.

Disampaikan oleh Plt Kepala UPT PP Rehabilitasi Sosial Dinsos Sidoarjo, Agus Priyanto SH, jumlah total warga binaan di UPT ini ada sebanyak 90 orang. Mereka terdiri dari golongan Gepeng, psikotik dan Anjal. Sekitar 90%, warga binaan disana berasal dari wilayah Kab Sidoarjo sendiri. Usia mereka mulai 35 tahun sampai 80 tahun.

Menurut datanya, sekitar 85% mereka didapatkan dari operasi Satpol PP di jalanan. 10% dari kiriman Polsek setempat dan warga Sidoarjo. Sedangkan 10% didapat dari penertiban oleh petugas UPT PP Rehabilitasi. “Petugas relawan kita ada 17 orang. Sebenarnya masih kurang,” komentar Agus.

Dalam tiap sebulan sekali, di UPT ini dilakukan pembinaan oleh lembaga terkait, secara bersama-sama. Misalnya, seperti kemarin, Dinkes melakukan penyuluhan masalah kebersihan, Puskesmas Sidoarjo melakukan vaksinasi, Kemenag Sidoarjo melakukan pembinaan agama dan dari Fakultas Psikologi Unmuh Sidoarjo memberikan penyuluhan masalah psikologi.[kus]

Tags: