Pohon Tumbang, Lima Kios Rusak, Satu Pedagang Terluka

Sebuah pohon trembesi tumbang mengakibatkan lima kios di Pasar Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan rusak dan seorang diantaranya mengalami luka-luka, Kamis (8/4). [Hilmi Husain]

Pasuruan, Bhirawa
Sebuah pohon trembesi yang berada di Pasar Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan tumbang. Akibatnya lima kios rusak parah dan satu pedagang mengalami luka-luka.
Tumbangnya pohon trembesi terjadi pada Rabu (7/4) pukul 23.00. Saat itu, korban yang tertimpa pohon bernama Saiful Imron (46) sedang beristirahat di lapak jualan jamunya sebelum ia mendengar suara pohon tumbang.
“Ketika santai didalam warungnya, mendadak ada pohon jatuh dilapak milik Saiful. Saiful juga sempat terjebak di dalam reruntuhan pohon dan bangunan selama satu jam,” ujar Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto, Kamis (8/4).
Usai peristiwa itu, kemudian warga sekitar datang untuk membantu mengangkat pohon, bangunan, kemudian mengevakuasi Saiful dari reruntuhan. Saiful kemudian langsung dibawa ke Puskesmas Gondangwetan. “Kondisi korban mengalami luka di bagian hidung, bibir, memar bagian dada dan luka di lengan sebelah kiri,” kata Endy Purwanto.
Pantauan dilokasi, pohon yang berdiameter satu meter itu tumbang dan menimpa lima kios di sekitarnya. Pemilik kios pupuk pertanian, Subkhan menyatakan ia dan pedagang lainnya sebelum kejadian sudah mengusulkan kepada pihak pasar agar pohon itu segera dipangkas.
“Kami sudah meminta kepada pihak pasar supaya memotong pohon trembesi itu. Karena kondisinya sudah miring. Tapi, keburu tumbang,” urai Subkhan.
Koordinator Pasar Ranggeh, Akhmad Sodiq menyatakan pihaknya akan melakukan pemeliharaan atau perapian pada pohon trembesi itu, dikarenakan kondisinya sudah tua. Namun terhalang oleh kondisi cuaca. “Secepatnya akan kami tebang. Karena pohon ini sudah tua dan waktunya perawatan,” kata Akhmad Sodiq.
Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengungkapkan pohon tersebut memang sudah berisiko tumbang. Terkait perawatan itu kewenangannya pihak pasar. “Kami hanya bisa membantu melakukan pembersihan apabila ada peristiwa seperti pohon tumbang,” jelas Ridwan Harris. [hil]

Tags: